ANALISA TEKNIKAL MARI BELAJAR MEMBACA CHART HARGA SAHAM

Written by Raka Rosadhi, April 21, 2020

Hello Investor, kembali lagi di artikel training saham bersama Astronacci. Kalau kemarin kita udah sedikit masuk ke dalemnya teknikal, sekarang kita mundur sedikit yah. Materi kali ini buat yang awam banget, saya ingin share tentang cara baca chart itu gimana sih. Ketika mulai masuk ke pembacaan chart, artinya kita sudah mulai masuk metode analisa teknikal. Nah sekarang kita mengenal chart dulu ya. Di dalam analisa teknikal, ada banyak jenis chart yang digunakan, namun yang paling sering dipakai ada 3 macam chart yakni LINE CHART, CANDLESTICK CHART, BAR CHART

LINE CHART

Merupakan chart yang menginformasikan hanya harga penutupan (close) saja di setiap periode
 
CANDLESTICK CHART

Merupakan chart yang menginformasikan harga pembukaan (open), harga tertinggi (high), harga terendah (low) dan harga penutupan (Close). Yang biasa disebut juga OHLC candle.
 
BAR CHART

Sama seperti candlestick, bar chart juga menginformasikan harga pembukaan (open), harga tertinggi (high), harga terendah (low) dan harga penutupan (Close). Dan biasa disebut juga OHLC bar.
 
Uniknya, bar chart ini open selalu di bagian kiri dan close di bagian kanan, sehingga tanpa warna pun bar chart tetap bisa dilihat apakah itu bar turun atau naik. Sedangkan candlestick memerlukan bantuan pembeda berupa warna.
 
Tentunya, akan muncul 1 pertanyaan "yang mana yang baiknya dipakai?" Untuk era saat ini banyak sekali dipakai candlestick dan bar chart
 
Hal ini dikarenakan informasi yang diberikan dari chart sudah lengkap open high low dan close. Ada pula yang mengidentifikasi bentuk bentuk candlestick dan bar chart tersebut untuk memprediksi pergerakan harga berikutnya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Nah sekian dulu pengenalan tentang chart, kita akan sambung analisa teknikal bagian lain di artikel selanjutnya ya
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal Investasi lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari RAKA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami