ANALISA TEKNIKAL SUPPORT RESISTANCE

Written by Raka Rosadhi, April 09, 2020

Hallo investor, Materi kali ini yaitu "SUPPORT & RESISTANCE DI PASAR SAHAM”. Yuk langsung saja kita mulai edukasi hari ini!

Ketika membaca atau mendengar ulasan tentang pergerakan harga saham, istilah resistance dan support pasti akan berkali-kali muncul. Buat awam atau pemain saham pemula, istilah tersebut bisa membingungkan. Alih-alih mengerti, istilah resistance dan support malah menjadi penghambat untuk memahami isi ulasan tersebut.

Padahal sejatinya, titik resistance dan support adalah alat bantu analisa untuk memutuskan apakah menjual atau membeli saham, bila tak ingin dipusingkan dengan grafik dan alat analisa lain yang lebih rumit.

Support dan resistance menjadi penting, karena investor dapat berusaha menangguk untung dengan mencari saham-saham yang harganya mendekati titik support dan menjualnya ketika mendekati resistance . Mereka dapat membeli kembali saham-saham tersebut saat harga saham kembali turun ke support level.

Garis support dan resistance diperoleh dengan menarik garis lurus yang melalui/mendekati titik-titik ketika harga saham mencapai titik terendah, dan tertinggi yang menunjukkan tren pergerakan harga saham tersebut. Dengan memperhatikan garis tren support dan resistance dapat diperoleh titik harga penting pada masa lalu yang dapat digunakan untuk memperkirakan arah gerakan harga saham kelak.

Support dan Resistance adalah salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam perdagangan pasar modal terutama untuk saham. Namun setiap orang memiliki pandangan yang relative subjektif dalam menerapkan konsep ini.

Sebagai seorang trader, menentukan titik Support dan Resistance merupakan salah satu basic skill yang wajib Anda kuasai. Kedua level ini adalah tempat dimana terdapat kecenderungan harga akan bergerak secara signifikan. Mari kita amati sekilas bagaimana konsep ini bekerja.

Harga saham bisa menembus resistance atau support 

Jika terjadi aksi beli saat harga saham mendekati resistance maka harga saham akan terus terdorong ke atas, sehingga menembus resistance level. Ini berarti terjadi dinamika pasar - terutama bila ada informasi penting terkait dengan saham tersebut - yang mengubah supply dan demand saham tersebut.

Sebagian besar pemain saham akan menandai kondisi tersebut sebagai sinyal untuk kembali melakukan pembelian, karena ada kecenderungan harga akan terus naik hingga mencapai titik resistance yang baru.

Hal serupa juga dapat terjadi pada level support , dimana aksi jual terus terjadi sehingga menembus batas bawah tren harga saham. Pada kondisi tersebut, pemilik saham cenderung mendapat tekanan jual rugi ( cut loss ) untuk memperkecil kerugian akibat harga saham yang dimilikinya terus melorot.

Namun tetap perlu diingat bahwa support dan resistance bukanlah sinyal ajaib, yang otomatis akan menggiring investor untuk membeli atau menjual saham. Keduanya dapat berkarakter seperti gelas mudah pecah karena tekanan yang besar, atau seperti lapisan plastik yang lentur.

Bila tekanan beli atau jual tidak terlalu besar, meskipun titik support atau resistance dapat terlampaui namun harga saham akan segera kembali ke dalam rentang support dan resistance yang semula.

Oleh karena itu, untuk menjadi investor pemenang, kita perlu memperhatikan grafik pergerakan harga saham harian dan mingguan sebagai referensi sebelum mengambil keputusan. Namun perlu dipahami bahwa support dan resistance hanyalah salah satu alat analisa sederhana untuk memprediksi pergerakan harga saham. Perlu lebih banyak refrensi dan analisa untuk memastikan agar keputusan yang diambil benar-benar tepat .

Oke, jadi setelah baca ulasan-ulasan diatas temen-temen sudah tau kan ap aitu support & resistance, serta bagaimana konsep yang harus di implementasikan di dalam aktivitas investasi Anda.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Setelah baca ulasan-ulasan diatas temen-temen sudah tau kan apa itu support & resistance, serta Bagaimana konsep yang harus di implementasikan di dalam aktivitas investasi Anda.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal Investasi lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari RAKA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami