APA MAKSUDNYA “NABUNG SAHAM”

Written by Raka Rosadhi, March 05, 2021

Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala. Jadi murni tujuan dibentuknya “Yuk Nabung Saham” adalah untuk meningkatkan jumlah investor saham dan juga menyadarkan masyarakat bahwa investasi itu penting.

Pada kenyataannya nabung uang di bank sama dengan nabung saham melalui sekuritas. Hanya saja menabung saham keuntungannya jauh lebih tinggi dari pada bunga deposito bank. Jika deposito, bunga yang didapatkan hanya 7% maksimal. Itupun belum dipotong dengan administrasi dan lain sebagainya. Maka dari itulah, saya ingin mengajak Anda untuk mulai menabung di saham. 
 
Nah, kali ini saya akan membahas 5 langkah nabung saham

  1. Tetapkan Tujuan Nabung Saham

    Hal ini sangat penting. Tentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai dari Nabung Saham. Idealnya tujuan tersebut tidak terlalu dekat atau setidaknya 5 hingga 10 tahun ke depan. Dengan memanfaatkan pasar saham, kita dapat menabung uang kecil dan mendapat hasil uang besar.
     
  2. Rencanakan keuangan sehingga Anda bisa menyisihkan sekitar 20% dari total pemasukan Anda.

    Ini bagian yang terberat. Anda mungkin perlu mengubah kebiasaan Anda. Tapi kalau tujuan Anda cukup penting, maka Anda bisa membuat rencana dan mencapai rencana tersebut. Jangan mencemplungkan seluruh dana Anda. Lebih baik membeli sedikit-sedikit namun konsisten.
     
  3. Jadilah Nasabah Suatu Perusahaan Sekuritas dan Pelajari Sistem Jual Belinya.

    Anda perlu menjadi nasabah satu perusahaan sekuritas untuk bisa jual beli saham. Anda juga perlu mempelajari bagaimana cara jual beli menggunakan sistem yang disediakan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Indopremiermisalnya, punya aplikasi yang bisa digunakan di smartphone Anda.
     
  4. Memilih Saham - Saham Berkualitas

    Nah, bagian ini Anda perlu bimbingan dari mereka yang berpengalaman. Jangan membeli saham 'gorengan' atau terjebak dalam trading jangka pendek, jika Anda tidak mengerti apa yang Anda lakukan.
     
  5. Disiplin dan Konsisten

    Nah, menabung saham memang membosankan. Selain itu prosesnya juga kelihatan lambat. Tapi ini adalah cara terbaik untuk menyiapkan masa depan keuangan Anda. Tantangan terberat menurut saya adalah untuk tiap bulan secara konsisten menyisihkan uang dan diinvestasikan di saham.

 Mengapa Harus Menabung Saham Sekarang ?Bukan bulan depan atau tahun depan ? 

  • Semakin cepat kita mulai menabung saham semakin baik. Walaupun dimulai dari jumlah yang kecil juga tidak masalah, karena efek dari bunga berbunga akan menimbulkan dampak profit yang luar biasa jikalau dimulai sedini mungkin.
     
  • Pemerintah Indonesia sedang melakukan pembangunan infrastruktur secara jor2an, sehingga dalam waktu yang tidak lama lagi ekonomi Indonesia akan bertumbuh luar biasa. Dengan menabung saham (menjadi investor) misal di perusahaan infrastruktur tersebut, berarti kita menambahkan modal bagi perusahaan tersebut sehingga juga membantu roda perekonomian.
     
  • Dari laporan baik dalam maupun luar negeri, pertumbuhan Indonesia akan luar biasa: menjadi no 5 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030, dll. Sehingga saat ini merupakan saat yang tepat untuk mulai menabung saham sebelum harga saham-saham melambung tinggi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Maka dari itu, menabung di pilihan investasi saham adalah hal yang baik untuk semua golongan, dari muda hingga tua.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal Investasi lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari RAKA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami