FITUR – FITUR ONLINE TRADING

Written by Revanny Tristia, March 09, 2021

Trader – trader professional maupun dari kalangan muda masa kini, menjadi lebih mudah untuk trading saham melalui platform – platform trading yang bisa diakses secara online dimana pun mereka berada. Lewat perangkat komunikasi seperti android, iPhone, maupun PC trader bisa mengikuti info – info terkini mengenai saham, dan mengecek pergerakan harganya di market secara langsung.

Trader menggunakan platform/ aplikasi trading untuk melakukan berbagai aktifitas terkait transaksi jual-beli saham, seperti pendaftaran akun, pengecekan setoran deposit, chart saham untuk menganalisa baik fundamental maupun teknikal, hingga eksekusi beli – jual saham.

Terkait penggunaan platform trading, trader harus mengecek terlebih dahulu fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Apakah fitur tersebut bisa membantu dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh trader dalam tradingnya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan oleh trader saat memilih aplikasi trading saham? Yuk, kita cek beberapa hal dari fitur aplikasi trading saham yang bisa membantu trader untuk tradingnya.

Charting Real-Time

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah trader harus bisa memantau pergerakan grafik saham secara real-time dalam platform tersebut. Karena jika aplikasi tidak memiliki charting, maka trader tidak akan bisa mendapatkan informasi mengenai pergerakan saham yang terjadi.

Charting disini harus menampilkan informasi chart secara real-time, karena jika chart tidak real-time maka trader bisa salah mengambil keputusan trading.

Real-time disini berarti pola chart seperti candlestick, harus terbentuk pada saat jam trading dan mencerminkan kondisi saat itu juga. Harga saham terus berubah-ubah dan tentu saja membuat posisi atau bentuk candle berubah pada saat jam trading. Fitur chart ini juga memudahkan trader untuk memperdalam analisis teknikalnya. Karena fitur ini akan menunjukan pergerakan harga saham dengan berbagai indikator teknikal seperti candlestick.

Sebelum menggunakan fitur charting yang disediakan oleh broker, pastikan terlebih dahulu kelengkapan dari fiturnya tersebut. Biasanya ada broker yang memang memberikan fitur charting secara gratis, tapi biasanya fasilitas yang diberikan tidak cukup lengkap digunakan oleh trader. Contohnya, trader harus cek kelengkapan streaming saham yang dimiliki, indikator teknikal yang bisa digunakan dan lainnya. Berikut beberapa karakteristik yang harus diperhatikan saat memilih charting :

  1. Skalabilitas yang professional : cek kemampuan teknologi web yang digunakan untuk membuat grafik tersebut. Karena jika website/ aplikasi mampu memperlihatkan chart yang mulu dan tidak mudah error, makan datanya akan lebih terpercaya dan bagus untuk dijadikan rujukan.
  2. Fitur yang lengkap : Trader mengamati chart dengan tujuan untuk mengetahui kondisi pasar. Karena itulah alat (tools) trading dan indikator teknikal yang lengkap wajib menjadi salah satu pertimbangan saat memilih aplikasi penyedia chart saham.
  3. Kemudahan dalam menggunakannya : Chart trading ada yang diberikan gratis oleh broker maupun berbayar tergantung dari kelengkapan fiturnya. Semakin banyak informasi yang diberikan maupun istilah-istilah asing, bisa cukup mempersulit trader pemula saat akan menggunakan chart tersebut. Itu sebabnya trader harus bisa memilih charting yang sesuai dengan kebutuhannya.

Aplikasi Lengkap Dengan Menu Umum

Menu umum disini adalah fitur yang bisa membantu trader mendapatkan informasi diluar charting, seperti laporan keuangan, utang, arus kas hingga ekuitas perusahaan terkait. Menu umum seperti tampilan running trade, menu net buy dan net sell, data – data fundamental emitan, transaksi histori, bid-offer saham, semua fitur tersebut harus ada dalam aplikasi trading saham yang dimiliki.

Fitur Automated Trading

Merupakan salah satu fitur yang penting dan harus ada dalam aplikasi trading. Fitur ini digunakan untuk memasang antrian pada harga dan jangka waktu tertentu yang ditetapkan. Dengan adanya fitur ini tentunya memberikan kemudahaan untuk trader agar tidak perlu terus memantau harga saham, dan menunggu target jualnya tercapai.

Fitur ini akan sangat berguna sekali khususnya untuk trader-trader yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk fokus dalam tradingnya. Automated Trading System ini sebuah sistem yang menjalankan proses jual-beli saham secara otomatis berdasarkan satu set pengaturan yang sudah disiapkan.

Trading otomatis memiliki 4 jenis :

  1. Copy trading : Seperti Namanya, fitur ini mengjiplak transaksi jual-beli dari trader lain yang lebih berpengalaman secara otomatis.
  2. Expert Advisor : Sistem ini memungkinkan trader untuk menganalisis data dalam jumlah banyak dan memprosesnya berdasarkan pengaturan yang sudah disiapkan.
  3. Algorithmic Trading : Sistem trading yang menggunakan rangkaian pengaturan matematis dan statistic yang kompleks
  4. Social Trading : Sistem trading yang memungkinkan trader untuk membagikan trading book, dan trading instruction miliknya kepada trader lain.

Jika trader ingin memilih aplikasi trading yang bisa membantu kinerja/ perfoma tradingnya menjadi lebih baik, maka trader harus memperhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan diatas.

Sudah siap untuk mulai trading dan berinvestasi disaham?

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami