APA SAJA YANG BISA MEMPENGARUHI HARGA SAHAM

APA SAJA YANG BISA MEMPENGARUHI HARGA SAHAM

Story by : Raka Rosadhi
Category at: PENGETAHUAN DASAR
Published : March 13, 2021

Hallo investor, hari ini saya akan bahas materi tentang “Apa aja sih faktor yang bisa mempengaruhi harga saham?” yuk kita bahas sama-sama dan mencari tau faktor-faktor apa aja sih yang mempengaruhi harga saham. Sebelum kita mengehatui faktor-faktor yang mempengaruhi saham, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi saham dan harga saham tersebut. Saham biasanya diistilahkan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan/perseroaan terbatas. Sedangkan harga saham menunjukkan nilai suatu perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu, setiap perusahaan atau perseroan terbatas yang menerbitkan saham sangat memperhatikan harga dari saham perusahaan mereka. Nah, Faktor-Faktor yang mempengaruhi harga saham dibagi 2 nih. Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Yuk kita bahas satu-persatu :

Faktor Internal 

  • Pengumuman Pemasaran, Produksi, Penjualan : Biasanya meliputi iklan, perubahan harga, penarikan produk baru, laporan produksi, laporan keamanan produk, dan laporan penjualan.
  • Pengumuman Pembiayaan : Contohnya adalah pengumuman yang berhubungan dengan ekuitas dan hutang.
  • Pengumuman Investasi : Pengumuman ini biasanya diberitakan saat perusahaan memperluas pabrik, mengembangkan penelitian atau bahkan menutup unit bisnis lain.
  • Pengumuman Tenaga Kerja : Biasanya gerakan yang dilakukan karyawan terhadap perusahaan juga bisa mempengaruhi harga saham yang ada seperti negosiasi baru, kontrak baru, mogok kerja dan lain sebagainya.
  • Pengumuman Laporan Keuangan Perusahaan : Pengumuman ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh investor. Perusahaan selalu berusaha untuk membuat laporan keuangan sebaik mungkin untuk bisa membuktikan bahwa perusahaannya terus berkembang. Laporan keuangan yang dikeluarkan seperti perkiraan laba sebelum akhir tahun fiskal dan setelah akhir tahun fiskal, Dividen Per Saham (DPS), margin laba bersih, laba atas aset (ROA), dan lain sebagainya.

Faktor Eksternal

  • Pengumuman Pemerintah : Pengumuman seperti perubahan suku bunga pada tabungan dan deposito, nilai tukar mata uang asing, inflasi, dan berbagai peraturan ekonomi dan deregulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah sangat mempengaruhi pergerakan harga saham.
  • Pengumuman hukum : Saat perusahaan tersandung masalah hukum seperti tuntutan karyawan untuk perusahaan maupun manajemen atau sebaliknya tentunya bisa mengurangi kepercayaan calon investor ke perusahaan tsb.
  • Gejolak Politik maupun bencana yang terjadi merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap terjadinya pergerakan harga saham di bursa saham suatu negara.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, kedua faktor diataslah yang sangat mempengaruhi pergerakan harga di pasar saham. Tentunya masih ada beberapa faktor lainny yang memiliki andil dalam volatilitas di market. tetapi tidak sebesar mereka-mereka yang saya sebutkan diatas.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal Investasi lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari RAKA silahkan hubungi di SINI