2 METODE DIVERGENT TRADING YANG WAJIB TRADER PELAJARI

Written by Caroline, CWM, April 26, 2023

Istilah divergent trading sudah sangat sering terdengar di dunia trading. Divergence sendiri merupakan salah satu sinyal yang paling favorit bagi para trader. Apa maksudnya divergence dan bagaimana hal ini bisa membantu trader meraih lebih banyak profit?

Ada dua analisis yang sering digunakan dalam trading, yaitu analisa teknikal dan fundamental. Setiap analisa mempunyai fokusnya sendiri, misalnya analisa fundamental fokus pada sentimen pasar dan berita. Analisa teknikal biasanya menggunakan indikator tertentu.

Mengenal Divergence Trading Analysis

Divergensi atau divergence merupakan suatu sinyal atau tanda yang mengawali suatu perubahan pasar. Tanda ini memperlihatkan kapan pasar akan kehilangan kekuatan. Saat pasar mulai bergerak ke salah satu arah, sebenarnya kekuatan pasar sedang bersiap untuk reversal atau berbalik arah.

Indikator dan grafik seharusnya memperlihatkan tingkat dan arah yang sama. Kalau harga mencapai titik paling tinggi dan melebihi candle yang sebelumnya, indikator pun harus mencapai titik paling tinggi dan lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Pergerakan yang tidak sama antara indikator dan grafik menunjukkan bahwa akan ada kemungkinan terjadinya perubahan. Berkat munculnya sinyal ini, trader mampu melihat apakah akan ada kelanjutan pergerakan dari tren sebelumnya atau apakah akan terjadi pelemahan dan kemungkinan reversal.

Berbagai Metode Divergent Trading

Metode yang satu ini merupakan metode yang memakai patokan perbedaan yang terjadi antara pergerakan pada indikator oscillator dan pergerakan harga. Indikator oscillator yang sering digunakan antara lain indikator stochastic, indikator RSI, indikator MACD, dan sebagainya.

Biasanya, divergensi digunakan ketika akan melihat indikasi awal saat pergerakan harga mengalami perubahan arah. Meskipun tampaknya sederhana, banyak trader yang masih belum bisa membaca divergensi dalam trading.

1.Regular Divergence

Merupakan suatu tanda yang memperlihatkan bahwa pembalikan arah terhadap tren harga akan terjadi. Regular divergensi sendiri dibagi menjadi dua, yang pertama regular bearish dan yang kedua regular bullish.

Regular bearish terjadi saat posisi harga di grafik ada di higher high dan indikatornya menunjukkan lower high.

Regular bearish divergent trading mengindikasikan bahwa akan terjadi pembalikan tren atau reversal, dari naik menjadi turun. Sedangkan regular bullish terjadi saat grafik ada di posisi lower low tapi indikator ada di posisi higher low. Hal ini mengindikasikan terjadinya pembalikan tren dari turun ke naik.

2.Hidden Divergence

Merupakan tanda yang memperlihatkan bahwa tren tidak akan berbalik arah, tapi akan terus berlanjut. Sama seperti sebelumnya, hidden divergence juga terbagi dua, yaitu hidden bearish dan hidden bullish. Hidden bearish akan muncul jika harga di grafik ada di posisi lower high.

Dan ketika indikator menunjukkan posisi higher high, maka ada kemungkinan tren akan berlanjut. Hidden bullish divergence akan muncul jika harga di grafik ada di posisi higher low

Tanda tersebut akan diikuti dengan indikator yang mulai menunjukkan posisi lower low. Hal ini memperlihatkan bahwa tren bullish akan terus berlanjut.

Pelajari Analisis Teknikal dalam Trading

Teknikal analisis mempunyai peranan yang sangat penting dalam trading. Sangat penting bagi setiap trader pemula untuk mempelajari dasar-dasar analisis teknikal dan candlestick sehingga bisa melakukan prediksi terhadap tren yang ada serta membaca pola yang akan segera terjadi.

Para trader pemula yang ingin segera memahami analisis teknikal secara terstruktur dan mendetail bisa mendapatkan materi The Ultimate Technical Analysis di https://astronaccishop.com/. Produk ini dirancang bagi para pemula agar bisa mendapatkan profit konsisten setelah menguasai analisis teknik.

 

Divergent trading merupakan salah satu metode yang perlu dipelajari oleh setiap trader. Ada dua metode divergensi yang termasuk dalam analisis ini, yaitu regular dan hidden.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami