3 KELEBIHAN INDIKATOR STOCHASTIC DAN 3 FUNGSINYA

Written by Caroline, CWM, April 26, 2023

Indikator punya peranan yang sangat besar dalam kehidupan setiap trader. Stochastic oscillator merupakan salah satu indikator yang paling banyak digunakan oleh para trader. Indikator ini menggunakan dua garis yang berpotongan dalam menunjukkan sinyal jual beli.

Selain itu, indikator yang satu ini juga bisa berperan sebagai salah satu indikator momentum. Caranya adalah menunjukkan perbandingan harga close atau penutupan dengan rentang harga yang ada dalam suatu time frame tertentu. Indikator ini hadir dengan berbagai kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan Indikator Stokastik

Ada dua komponen utama yang dibawa oleh indikator ini, yaitu multiguna dan kompleks. Dua komponen tersebut punya peranan untuk menunjukkan berbagai sinyal penanda. Indikator ini juga membawa berbagai kelebihan, beberapa kelebihan indikator stochastic adalah:

1.Memberikan sinyal ketika harga melemah

Indikator yang satu ini seringkali memberikan sinyal saat pelemahan harga terjadi. Trader yang menemukan sinyal tersebut bisa menggunakan informasi yang diberikan sebagai acuan atau patokan saat akan mengambil keputusan yang berkaitan dengan transaksi trading.

2.Lebih sensitif

Indikator yang satu ini punya sifat yang lebih sensitif, terutama terhadap perubahan harga yang terjadi. sehingga indikator ini bisa mengindikasikan sinyal lebih awal serta merespon sinyal tersebut lebih dulu dibandingkan dengan berbagai indikator yang lainnya.

3.Stochastic bisa diaplikasikan di pasar profitable dan sideway

Dilihat dari segi fungsinya, indikator yang satu ini termasuk salah satu indikator yang fleksibel. Karena fleksibilitasnya indikator ini bisa digunakan pada pasar yang kondisinya sedang sideway atau flat. Indikator yang sama bisa juga digunakan saat pasar mengalami momen profitable atau high.

Kelemahan Indikator Stokastik

Indikator ini punya banyak kelebihan dan sangat mudah untuk dipelajari serta diterapkan. Selain itu, indikator yang satu ini juga sangat cocok untuk digunakan di dunia trading.  Meskipun demikian, trader tetap harus mewaspadai berbagai sinyal palsu yang dideteksi.

Indikator stochastic ini punya satu kelemahan yang cukup serius, yaitu bisa mendeteksi sinyal-sinyal palsu yang bisa membahayakan keuangan para trader yang menggunakannya. Setiap trader perlu memperlengkapi diri dengan ilmu terkini mengenai indikator yang sangat bermanfaat ini.

Membaca Stochastic Analysis dengan Tepat

Indikator yang satu ini bisa menunjukkan berbagai sinyal yang kemudian bisa digunakan oleh setiap trader yang menggunakannya sehingga bisa menciptakan keputusan terbaik dan mendapatkan keuntungan. Tiga sinyal yang ditunjukkan oleh indikator yang satu ini adalah:

1.Overbought dan oversold

Fungsi yang pertama dari indikator yang satu ini mempunyai dua level yang cukup ekstrim, yaitu level 20 dan level 80. Level 80 akan menunjukkan kondisi overbought sedangkan level 20 akan menunjukkan kondisi oversold. Sayangnya, nilai sinyal ini tidak selalu stabil.

Artinya, para trader tidak bisa menggunakan sinyal oversold dan overbought sebagai acuan waktu terbaik dalam melakukan entry.

2.Entry trading

Saat akan melakukan entry, setiap trader wajib memperhatikan sinyal entry trading. Sinyal entry trading akan menunjukkan garis %D dan %K yang saling bersilangan. Akan terdeteksi sinyal beli saat garis %K memotong garis %D dan posisinya melintang dari bagian atas ke bagian bawah.

3.Sinyal divergence

Fungsi yang ketiga dari indikator stochastic adalah untuk memberikan gambaran perbedaan, khususnya antara indikator dan pergerakan harga. Kemudian perbedaan tersebut akan menjadi dasar proyeksi untuk memperkirakan apakah tren harga akan berbalik atau terus berlanjut.

Kunjungi https://astronaccishop.com/ dan dapatkan berbagai program pembelajaran yang bisa membantu trader mempersiapkan diri untuk terjun ke pasar trading dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Tersedia berbagai program pembelajaran untuk para pemula hingga profesional.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami