3 LANGKAH MENGGUNAKAN FIBONACCI DALAM TRADING

Written by Caroline, CWM, April 26, 2023

Fibonacci adalah teori unik berisi barisan angka yang ditemukan oleh ahli matematika bernama Leonardo Fibonacci. Ahli matematika ini menemukan suatu deretan unik yang kemudian disebut dengan istilah Fibonacci. Deretan ini diawali dengan angka 1, kemudian diikuti dengan angka 2.

Setelah itu, angka 1 dan angka 2 akan ditambahkan dengan tujuan mendapatkan angka 3 yang akan menjadi lanjutan dari deretan ini. Rumus ini akan terus berlanjut. Sekarang sudah ada software yang akan melakukan penghitungan deretan ini sehingga tidak perlu menghitung secara manual.

Mengenal Indikator Bilangan Fibonacci

Indikator yang satu ini bisa berfungsi dengan baik saat kondisi pasar trading sedang mengalami momen trending. Order buy atau go-long bisa dilakukan pada retracement saat berada di level support dan trending sedang bergerak naik.

Sebaliknya, trader perlu melakukan order sell atau go-short di retracement pada level resistance saat trending mulai bergerak turun. Biasanya indikator yang satu ini akan digunakan oleh para trader yang sudah mahir dan berpengalaman.

Menggunakan Indikator Fibonacci dalam Trading

Ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan indikator yang satu ini saat melakukan trading. Yang pertama adalah dengan menemukan level retracement. Setelah itu, trader bisa menemukan uptrend dan downtrend sehingga mampu membuat keputusan trading yang terbaik.

1.Menemukan level retracement

Agar bisa menentukan level retracement, maka setiap trader wajib menemukan swing low dan swing highs terbaru yang signifikan. Caranya adalah dengan mengklik swing highs kemudian mengarahkan kursor ke bagian swing low yang paling baru ketika terjadi downtrend.

Saat terjadi uptrend, trader perlu melakukan langkah yang berbeda. Yaitu dengan mengklik swing low kemudian mengarahkan kursor ke bagian swing high yang paling baru. Selanjutnya, trader perlu menggunakan level retracement ini pada kurs pasar.

2.Uptrend

Pada langkah ini, trader akan menerapkan level retracement Fibonacci dengan mengklik pada swing low di titik 0,6955 lalu menarik kursor tersebut ke bagian swing high 0,8264 di tanggal yang berbeda. Maka software pun akan memperlihatkan level retracementnya.

Harapannya, dengan menelusuri kembali arga yang paling tinggi dari mata uang yang diperjualbelikan, trader bisa menemukan support pada salah satu dari sekian banyak level retracement yang ada. Kemudian trader bisa menempatkan open buy pada level tersebut setelah penyesuaian.

3.Downtrend

Indikator retracement dengan menggunakan barisan Fibonacci juga bisa digunakan saat downtrend. Misalnya, jika pada 25 Januari swing high ada pada titik 1,4195 sedangkan titik swing low ada di angka 1,3854 pada tanggal 1 Februari, maka software akan menunjukkan 5 level retracement.

Trader bisa menelusuri harga dari titik support sehingga bisa bertemu poin resistance di salah satu dari lima level tersebut. Dengan demikian, trader bisa melakukan transaksi trading ketika downtrend dan meletakkan order sell pada titik itu dengan harga yang terbaik.

Bisa disimpulkan bahwa harga akan menemukan beberapa resistance dan support sementara di level retracement indikator Fibonacci. Berbagai level tersebut bisa terpenuhi sendiri sebagai level resistance dan support karena ada banyak yang menggunakan indikator tersebut.

Pelajari Lebih Dalam

Trader yang tertarik untuk meraih lebih banyak keuntungan perlu mendapatkan program pembelajaran dari https://astronaccishop.com/, khususnya tentang Fibonacci. Pemahaman lengkap mengenai indikator tersebut dan cara menggunakannya tersedia dalam program pembelajaran platinum.

 

Indikator yang unik ini sangat diperlukan dalam menemukan resistance dan support yang tersembunyi. Trader bisa menggunakannya untuk memahami teknik terbaik untuk membeli di harga yang paling rendah dan menjual di harga yang paling tinggi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami