4 INDIKATOR DALAM TEKNIK PRICE ACTION TRADING

Written by Caroline, CWM, April 26, 2023

Memantau pergerakan harga termasuk salah satu aspek sangat penting yang wajib dipahami oleh seorang trader atau investor. Pergerakan harga itu sendiri dikenal dengan suatu istilah lain, yaitu price action. Dalam pergerakan harga ada berbagai hal yang sangat penting untuk dipelajari.

Beberapa hal yang wajib dipelajari antara lain indikator, strategi khusus, dan berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengkonfirmasi pergerakan harga. Pahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan pergerakan harga dalam dunia trading hanya di halaman ini.

Apa Itu Price Action

Pergerakan harga merupakan suatu pergerakan nilai aset yang kemudian diplot seiring dengan berjalannya waktu atau secara periodik. Hal ini seringkali digunakan sebagai dasar oleh para analis teknikal pada grafik komoditas atau saham serta di berbagai jenis investasi lainnya.

Pergerakan harga dalam trading merupakan suatu strategi trading yang menggunakan dasar berupa pergerakan nilai aset yang kemudian dibandingkan dengan indikator seperti analisis teknikal. Tidak heran kalau analisis teknikal seringkali disebut sebagai turunan strategi pergerakan harga.

Indikator dalam Price Action

Pergerakan harga ini akan membantu setiap trader dalam membaca serta memperkirakan seperti apa kondisi pasar. Kemudian trader bisa menggunakan informasi tersebut saat akan mengambil keputusan dengan menggunakan dasar berupa pergerakan harga yang terbaru serta bersifat aktual.

Dalam pergerakan harga, terdapat empat indikator yang perlu dikuasai oleh setiap trader.

1.Breakouts

Merupakan indikator yang pertama dan akan digunakan untuk memberikan peringatan yang berkaitan dengan potensi atau peluang untuk melakukan trading bagi setiap trader. Breakouts akan muncul saat harga suatu aset bergerak serta menunjukkan kecenderungan tertentu.

Indikator yang satu ini bisa menjadi kecil atau besar. Kalau trader mencari konsolidasi kecil dengan periode yang lebih pendek, yang ditandai dengan harga yang bergerak ke arah samping, maka breakouts dalam tren tertentu bisa memberikan peluang adanya keuntungan.

2.Candlestick

Indikator price action yang satu ini adalah suatu representasi dari grafik tertentu yang menunjukkan tren, harga tertinggi atau terendah suatu aset, serta harga di pembukaan atau penutupan. Candlestick merupakan indikator yang sangat berguna untuk setiap trader.

Indikator yang satu ini akan membantu para trader menentukan metode dan strategi trading yang bisa digunakan selanjutnya.

3.Trends

Ketika tren memperlihatkan kenaikan atau penambahan harga secara berkelanjutan, trader akan menyebut fenomena ini sebagai tren bullish. Dan ketika tren menunjukkan penurunan nilai secara terus-menerus, maka istilah yang digunakan adalah bearish.

Aset biasanya mempunyai sifat fluktuatif atau selalu berubah seiring dengan berlalunya waktu. Suatu aset yang diperdagangkan dengan harga atau nilai biasanya akan mengalami kenaikan atau penurunan secara berkala.

4.Teori resistance dan support

Yang terakhir adalah teknik price action teori resistance dan support. Indikator ini seringkali digunakan oleh setiap trader saat akan melakukan identifikasi peluang trading yang menjanjikan atau bagus.

Area resistance dan support disebut sebagai peluang yang tepat dalam melaksanakan trading karena banyak alasan.

Salah satunya adalah karena area tersebut muncul ketika tren harga cenderung berbalik arah di masa lalu. Tanda itu bisa menjadi acuan atau patokan yang sangat bagus bagi trader sehingga bisa menggunakan strategi atau keputusan trading di masa depan.

Memahami Teknik Pergerakan Harga

Ingin memahami lebih banyak tentang price action trading? Temukan program pembelajaran khusus untuk pemula di https://astronaccishop.com/. Trader akan belajar caranya menggunakan teknik pergerakan harga untuk analisis akurat dan cepat.

Program ini juga membantu trader untuk memadukan teknik pergerakan harga dengan moon trading sehingga bisa menghasilkan lebih banyak profit.

Pergerakan harga merupakan teknik yang wajib dipahami dan dikuasai oleh setiap trader. Kenali dan gunakan 4 indikatornya dengan benar.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami