4 JENIS EMOSI DALAM PSIKOLOGI TRADING BESERTA TIPS PENGENDALIANNYA

Written by Caroline, CWM, January 23, 2023

Psikologi trading adalah keadaan mental dan emosi yang terjadi pada saat seseorang melakukan trading. Hal-hal ini termasuk pola pikir, karakter, dan perilaku trader ketika berdagang. Dengan demikian kondisi psikis seorang trader akan berpengaruh dalam menentukan tingkat kesuksesan perdagangan.

Kemampuan pengelolaan kondisi psikis ini sangat diperlukan oleh seorang trader. Mengapa? Karena pergerakan saham yang fluktuatif sehingga diperlukan pengelolaan dan kontrol emosi yang baik ketika melakukan trading. Gejolak pergerakan saham yang signifikan pun dapat dihadapi dengan tenang.

Jenis Emosi dalam Trading

Terdapat empat jenis emosi dalam trading yang semuanya akan muncul ketika seorang trader sedang melakukan trading. Empat jenis emosi yang umumnya muncul ketika trading adalah rasa takut, rasa penyesalan,  rasa serakah, dan pengharapan. Ini dia penjelasan dari keempat emosi tersebut :

1.Rasa Takut

Emosi yang paling sering dikaitkan dengan trading adalah rasa takut. Di satu sisi, emosi ini berfungsi untuk menghindari bahaya. Namun di sisi lain, emosi ini memberikan efek buruk jika tidak terkontrol karena dapat memicu berbagai tindakan yang tidak tepat.

Misalnya, seorang trader memiliki rasa takut yang berlebihan. Maka ketika trading ia akan mudah menyerah setelah mengalami kerugian pertama. Contoh lain, trader yang tidak dapat mengontrol rasa takut sehingga menjual saham dengan terburu-buru. Tindakan ini akhirnya berbeda dari rencana trading.

2.Rasa Penyesalan

Emosi kedua dalam mindset dan psikologi trading adalah rasa penyesalan. Biasanya rasa ini akan muncul ketika terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan ketika trading. Terlebih lagi jika kesalahan tersebut mengakibatkan kerugian besar.

Salah satu contohnya adalah saat salah memprediksi harga saham dan terjadi kerugian. Penyesalan tentunya sangat manusiawi. Namun jika sudah berlebihan, dapat mempengaruhi kualitas ketika mengambil keputusan saat trading. Alih-alih mengurangi kerugian tetapi justru dapat memperparah.

3.Rasa Serakah

Jenis emosi ketiga adalah rasa serakah. Rasa ini umumnya akan tertuang pada sikap untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Rasa dan sikap ini sangat perlu dikendalikan saat melakukan trading.

Jika trader serakah, maka akan terjadi pembelian saham yang berlebihan. Dengan rasa percaya diri yang berlebihan ini, kerap kali risiko kerugian tidak diperhatikan dengan cermat. Jika tidak tepat, pembelian saham dalam jumlah banyak secara bersamaan ini justru akan berubah menjadi kerugian.

4.Pengharapan

Tujuan dari trading salah satunya adalah mendapat profit atau keuntungan. Namun pengharapan ini juga harus dikendalikan oleh trader. Hal ini karena harapan yang terlalu tinggi akan mengakibatkan pandangan terhadap fakta menjadi bias.

Seorang trader dengan harapan berlebihan sering menghindari cut loss atau mengambil profit sesuai dengan level yang sudah direncanakan. Biasanya hal ini terjadi karena pengharapan akan harga saham yang terus meningkat atau berbalik dari kerugian menuju profit. Padahal hal ini belum tentu terjadi.

Tips dalam Melatih Psikologi Trading

Untuk melatih kestabilan psikologi trading, diperlukan beberapa tips. Pertama, buatlah trading plan sebelum melakukan trading. Perencanaan ini sangat penting untuk menentukan saham potensial yang layak untuk dibeli, menentukan titik beli saham, titik jual, dan titik cut loss agar mengurangi kerugian.

Selain itu, terapkan pula sistem 3M yakni mind, method, money. Ketiganya adalah hal yang harus dikendalikan selama trading. Jadi seorang trader harus mampu mengendalikan pikiran, strategi, dan mengelola dana dengan baik agar trading dapat dijalankan sesuai rencana tanpa tindakan impulsif.

Cara mengatur psikologi trading bertumpu pada kemampuan trader untuk mengontrol pikiran dan emosinya. Untuk mendukung keberhasilan trading dan kestabilan emosi, analisis yang akurat juga diperlukan. Astronacci adalah jawaban untuk kebutuhan riset dan rekomendasi trading saham yang tepat.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Apabila trader ingin memelajari lebih banyak mengenai Psychology Trading dan teori-teori lain mengenai investasi dan trading, trader bisa belajar di Astronaccishop untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Pelajari secara perlahan dan terapkan ilmunya untuk menambah jam terbang trading.

Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami