4 PILIHAN INSTRUMEN INVESTASI SAAT RESESI YANG PALING DIREKOMENDASIKAN

Written by Caroline, CWM, December 09, 2022

Investasi saat resesi tetap menjadi pilihan yang terbaik untuk menggapai masa depan yang cerah. Namun, harus diperhatikan pemilihan instrument investasi yang tepat di masa perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Melihat kondisi perekonomian dunia, tak sedikit investor yang memangkas porsi investasinya. Hal ini dilakukan terutama oleh investor pemula. Oleh sebabnya, penting untuk mengetahui instrument investasi apa saja yang masih menjanjikan meskipun dihadapkan dengan ancaman resesi.

Macam-macam Instrumen Investasi saat Resesi

Ada beberapa pilihan instrument investasi yang masih sangat layak menjadi koleksi di tengah resesi. Instrument investasi tersebut adalah sebagai berikut:

1.Emas

Melihat tren harga emas yang cenderung terus naik dari waktu ke waktu, emas merupakan rekomendasi instrumen investasi yang cocok meskipun terjadi resesi. Emas seringkali dipilih oleh para investor sebagai salah satu usaha untuk menjaga sentiment pasar yang terpengaruh berbagai faktor.

Waktu pun telah menjadi bukti bahwa emas merupakan komoditas yang dapat menaklukan inflasi. Ketika inflasi semakin meningkat, harga emas terutama logam mulia pun akan semakin bertambah. Ini membuat emas akan menjadi semakin berharga dan berpotensi lebih menguntungkan di masa depan.

Akan tetapi, yang perlu diingat ketika memilih emas sebagai instrumen investasi adalah emas lebih cocok untuk prospek jangka panjang. Investasi jangka pendek atau jangka menengah menggunakan emas kurang direkomendasikan.

2.Obligasi

Saat ini, instrumen investasi yang juga memiliki banyak peminat adalah obligasi. Secara risiko, berinvestasi menggunakan obligasi memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham misalnya.

Jenis obligasi yang paling banyak diminati adalah obligasi pemerintah dalam bentuk Surat Berharga Negara atau SBN. Investasi melalui obligasi ini dijamin oleh pemerintah, bahkan tercantum dalam undang-undang bahwa negara akan melakukan pengembalian dana sebesar 100% bagi investor.

Tak hanya itu, investor juga berkesempatan untuk mendapatkan imbal hasil melalui kupon yang akan dibagikan secara berkala. Dengan alasan tersebut, obligasi masuk ke dalam salah satu instrumen yang direkomendasikan untuk investasi saat resesi.

3.Valas

Jenis investasi lainnya yang bisa dimanfaatkan saat resesi adalah valuta asing (valas). Berinvestasi dengan instrumen ini cukup menjanjikan capital gain yang tinggi. Terutama, jika yang dipilih adalah mata uang yang kuat sehingga tidak begitu terpengaruh terhadap terjadinya resesi.

Adapun beberapa mata uang yang disarankan untuk dijadikan investasi seperti dollar Amerika Serikat (USD) dan Euro. Investor juga bisa memilih dollar Singarpura yang merupakan mata uang terkuat di Asia. Harga belinya pun masih lebih rendah dibandingkan dollar amerika atau Euro.

4.Saham

Meskipun memiliki risiko yang tinggi, namun investor masih melirik investasi saham untuk dilakukan sepanjang resesi. Investasi saat resesi di pasar saham harus dibekali dengan pengetahuan dan perhitungan yang mumpuni dari para investor.

Mereka harus bisa memilih emiten-emiten yang memberikan potensi keuntungan meskipun kondisi perekonomian sedang kurang baik. Investor bisa memilih dengan melakukan analisa fundamental. Emiten dengan fundamental yang kuat bisa menjadi pilihan untuk dibeli sahamnya.

Pelajari juga laporan keuangan perusahaan. Di dalamnya tertera laba dan juga rugi yang ditanggung oleh perusahaan tersebut. Memilih saham-saham blue chip tentu sangat direkomendasikan mengingat saham tersebut berasal dari perusahaan dengan kondisi keuangan yang baik.

Memilih instrument investasi saat resesi tentu harus disesuaikan dengan tujuan investasi. Setelah itu, perhitungkan risiko dari masing-masing instrument investasi untuk bisa menentukan mana yang paling tepat untuk dipilih.

Yuk konsultasikan kebutuhan investasimu bersama Astronacci!

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami