5 CARA MONEY MANAGEMENT SAHAM DAN 4 MANFAATNYA

Written by Caroline, CWM, June 21, 2023

Money management saham merupakan suatu metode yang tujuannya adalah untuk mengatur modal saham sehingga bisa meningkatkan keuntungan serta meminimalisir resiko kerugian. Investor yang akan melakukan investasi saham perlu menggunakan strategi tertentu.

Strategi yang tercakup antara lain manajemen ukuran oposisi, manajemen stop loss, serta pembagian portfolio. Investor juga perlu mengelola risiko secara keseluruhan serta menetapkan batas maksimal kerugian yang bisa ditanggung.

Cara Money Management dalam Trading Saham

Fokus utama money management dalam trading saham adalah untuk melakukan pengelolaan risiko dengan cara membuat batasan kerugian. Dalam investasi saham, tujuannya adalah untuk mengelola risiko dengan cara memantau portofolio terus-menerus dan melakukan diversifikasi portofolio.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh trader dan investor saham dalam melakukan money management, yaitu:

1.Diversifikasi portofolio

Cara yang pertama adalah dengan membagi modal saham menjadi beberapa jenis saham yang berbeda. Investor bisa memilih sektor yang berbeda atau bisa juga memilih kapitalisasi pasar yang bervariasi. Cara ini memungkinkan investor untuk mengurangi resiko.

2.Menetapkan batas kerugian

Kerugian merupakan salah satu resiko yang pasti akan terjadi. Meskipun tidak bisa dihindari, kerugian bisa dikendalikan. Caranya adalah dengan melakukan money management saham dengan cara menetapkan batas maksimal kerugian yang bisa ditanggung.

3.Menetapkan ukuran posisi

Maksudnya adalah menentukan berapa banyak saham yang akan dijual atau dibeli. Penentuan ini perlu dilakukan berdasarkan pada ukuran portofolionya. Dengan demikian, resiko pun bisa dikendalikan dengan lebih baik.

4.Memantau portofolio

Investor saham wajib memantau atau memonitor portofolio saham secara terus menerus. Jika diperlukan, investor juga harus bisa melakukan perubahan sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan dan tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

5.Menggunakan stop loss

Stop loss merupakan suatu harga tertentu yang wajib ditetapkan oleh trader saham. Posisi saham akan otomatis ditutup apabila harga saham terjun bebas di bawah angka stop loss. Cara ini dilakukan agar kerugian bisa dikendalikan.

Manfaat Melakukan Money Management Saham

Money management punya banyak sekali manfaat bagi investor dan trader dalam dunia saham. Beberapa manfaatnya antara lain:

1.Mengurangi resiko kerugian

Menetapkan batas maksimal resiko serta batas jumlah uang untuk diinvestasikan akan membantu setiap investor dan trader saham untuk mengurangi resiko kerugian.

2.Memaksimalkan keuntungan

Investor dan trader saham yang melakukan pengelolaan modal dengan baik akan mendapatkan peluang untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari investasi atau perdagangan saham.

3.Mengelola emosi

Money management juga punya manfaat emosional bagi para investor dan trader. Money management dalam saham akan membantu mengelola emosi ketika melakukan perdagangan sehingga trader akan terhindar dari kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian.

4.Mengembangkan disiplin

Dengan menerapkan money management, investor dan trader saham akan menjadi lebih disiplin saat melakukan investasi maupun trading saham. Hasilnya, kinerja investasi dan trading pun akan meningkat dalam jangka panjang.

Menjadi Miliarder dalam Investasi Saham

Ingin mendapat sebanyak mungkin keuntungan dalam investasi atau trading saham? Pastikan untuk mempelajari berbagai cara melakukan money management sebelum mulai melakukan investasi atau trading. Program pembelajarannya bisa ditemukan di https://astronaccishop.com/.

Tidak perlu membayar mahal untuk mempelajari berbagai hal mendasar, seperti caranya menggunakan basic astrology trading, time trading, Fibonacci, dan berbagai pengetahuan lain mengenai trading dan investasi.

Money management saham wajib dipersiapkan semaksimal mungkin sebelum mulai melakukan investasi atau trading saham. Ada 5 cara untuk melakukan money management dan setidaknya 4 manfaat yang bisa didapatkan.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami