8 CARA SINGKAT CUAN DI SAHAM, TRADER PEMULA WAJIB TAHU!

Written by Caroline, CWM, March 13, 2023

Melihat para trader yang sudah sukses meraih cuan menggiurkan, tentu membuat banyak pemula jadi segera ingin menerapkan cara singkat cuan di saham. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi selama dilakukan konsisten maka kemungkinan sukses jadi trader saham bisa terwujud.

Memilih saham sebagai instrumen investasi semakin banyak dilakukan, salah satu alasannya karena bisa memberikan keuntungan dalam waktu tidak terlalu lama. Beda dengan instrumen investasi lain, yang kebanyakan ditujukan untuk jangka panjang.

8 Cara Singkat Cuan di Saham

Mau tahu delapan cara cepat jika ingin cepat untung dalam investasi saham? Simak baik-baik, lalu coba terapkan maka trader bisa melihat sejauh mana cuan impian mengalir ke kantong tanpa resiko rugi yang besar.

  • 1. Beli Saham Ketika Harga Turun

Cara paling ampuh adalah memastikan untuk membeli saham emiten saat harganya turun, Ini adalah langkah strategis yang bisa memberikan kemungkinan dapat cuan lebih besar.

Tapi tidak pada semua emiten, khusus untuk yang potensial dan masuk kategori terbaik sesuai analisa yang sudah dilakukan trader.

  • 2. Pilih Indek Saham Terbaik

Di Indonesia melalui Bursa Efek Indonesia, tersedia setidaknya 22 indek saham dengan karakter berbeda. Pilih salah satu atau beberapa yang masuk kategori terbaik, yaitu yang menyediakan emiten berkualitas dan sudah teruji harga sahamnya dari waktu ke waktu.

Dua diantaranya yang sering dipakai trader adalah IDX30, isinya 30 emiten dengan harga saham menjanjikan dan kualitas pergerakannya sudah teruji. Kebanyakan merupakan perusahaan besar dan profesional di bidang masing-masing.

Ada juga LQ45, yaitu indeks saham berisi 45 emiten dengan likuiditas lebih tinggi ketimbang perusahaan dalam daftar BEI.

  • 3. Pilih Perusahaan Sekuritas Berpengalaman

Jangan asal pilih perusahaan sekuritas, cari yang sudah terdaftar OJK dan memiliki pengelolaan yang baik. Misalnya, milik bank nasional di Indonesia atau perusahaan dengan kinerja positif versi berbagai pihak.

  • 4. Pakai Aplikasi Pendukung

Gunakan aplikasi pendukung transaksi jual beli saham, yang saat ini sudah tersedia pada platform legal untuk pengguna Android maupun iOS.

Melalui aplikasi ini, para trader bisa bertransaksi saham dengan aman. Kemudian dapat pula menggunakan berbagai fiturnya guna memaksimalkan cara singkat cuan di saham, untuk memaksimalkan potensi cuan yang akan didapat di akhir jangka waktu investasi.

  • 5. Punya Rekening Saham

Ketika sudah memilih perusahaan sekuritas dan aplikasi pendukungnya, akan lebih baik untuk membuka rekening saham di perusahaan tersebut. Gunanya adalah, untuk mempermudah transaksi jual beli kemudian menyimpan cuan agar tidak terpakai sebagai modal tambahan.

  • 6. Analisa dan Strategi

Pastikan untuk memahami berbagai analisa yang dibutuhkan dalam investasi saham, analisa ini akan sangat membantu menentukan strategi investasi para trader.

Dua analisa penting yang wajib dipahami dan dipakai adalah analisa teknikal berhubungan dengan fluktuasi harga, titik rendah dan tinggi dari harga saham emiten pada jangka waktu tertentu.

Kemudian analisa fundamental, terkait faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi harga saham. Seperti kondisi ekonomi nasional dan dunia hingga kondisi dunia politik di Indonesia.

  • 7. Transaksi di Waktu Tepat

Lakukan transaksi di waktu yang tepat, artinya trader tahu kapan trend buy and sell, kemudian kapan harus melakukan cut loss agar profit tidak semakin berkurang.

  • 8. Simpan Cuan dan Pakai Modal dengan Bijaksana

Ketika trader sudah mendapatkan cuan, simpan  terpisah dengan modal. Kumpulkan dengan konsisten, jangan dipakai untuk modal tambahan supaya jelas berapa jumlah total keuntungan sesuai jangka waktu investasi yang ditetapkan.

Jika mau main saham, jangan setengah-setengah! Terapkan cara singkat cuan di saham secara konsisten, sehingga para trader mampu bertahan investasi sesuai target masing-masing. Semakin konsisten memanfaatkan cara tersebut, akan semakin konsisten pula cuan yang didapat.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami