Alasan Trading Nasdaq 100 Paling Banyak Peminat dan Tips Sukses Trading Nasdaq

Written by Caroline, CWM, November 17, 2022

Nasdaq adalah bursa saham elektronik yang pertama di dunia. Bursa saham ini dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers. Bagi para trader yang sudah malang melintang di dunia trading, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aktivitas trading Nasdaq.

Dalam perdagangan Nasdaq, trader minimal harus mengetahui dan sedikit menguasai mengenai analisis fundamental dan teknikal. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan trader terhadap kapan waktu yang tepat untuk menetapkan stop loss dan take profit.

Alasan Trading Nasdaq Banyak Diminati Trader dari Seluruh Dunia

Melakukan trading di Nasdaq 100 sangat diminati oleh trader dari berbagai belahan dunia. Pada saat trader melakukan perdagangan di Nasdaq 100, maka trader tersebut akan mendapatkan banyak eksposur ke sejumlah besar perusahaan yang bergerak di bidang non-financial.

Adapun alasan-alasan lainnya yang membuat trading ini diminati, termasuk oleh trader dari Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Menjadi salah satu index perdagangan dunia yang paling populer dan banyak diikuti.
  • Nasdaq 100 memiliki pola grafik teknis yang cukup jelas
  • Sinyal masuk dan keluar yang ditampilkan berbeda, sehingga memudahkan para trader
  • Likuiditas cukup tinggi dengan penawaran harga yang tergolong murah
  • Trader juga bisa memperjual belikan E-mini Nasdaq 100 Futures di CME (Chichago Mercantile Exchange)

Cara Berdagang di Nasdaq 100

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperjualbelikan saham di Nasdaq 100. Cara pertama adalah investasi, dan cara kedua yakni trading. Untuk berinvestasi di Nasdaq 100, investor dapat membeli saham-saham yang masuk ke dalam daftar Nasdaq 100 atau membeli ETF dengan index tersebut.

Untuk yang tertarik trading, trader bisa melakukannya dengan spread betting maupun CFD. Dengan kedua cara tersebut, trader akan lebih mudah mendapatkan leverage untuk digunakan pada saat trading. Keduanya merupakan produk turunan atau derivatif yang ada di pasar uang.

Kapan Waktu untuk Trading di Nasdaq 100?

Perdagangan Nasdaq 100 dilakukan di CME (Chichago Mercantile Exchange). Bagi trader Indonesia yang ingin ikut trading Nasdaq 100 ini, tentu waktunya harus menyesuaikan dengan satuan waktu yang berlaku yakni ET (Eastern Time).

Berikut adalah waktu yang efektif untuk melakukan trading di Nasdaq 100:

  • Hari Minggu – Jum’at (06.00 pm – 05.00 pm ET)
  • Penghentian perdagangan berlaku mulai pukul 04.15 pm – 04.30 pm ET
  • Periode pemeliharaan dilakukan setiap Senin sampai Kamis pukul 05.00 pm – 06.00 pm ET

Bagi trader dalam negeri, tentunya waktu di atas harus disesuaikan dengan aktivitas yang sedang dilakukan di dalam negeri. Karena adanya perbedaan waktu yang cukup signifikan, trader domestik harus memiliki strategi trading tersendiri untuk bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Tips Agar Sukses Trading di Nasdaq 100

Tips singkat yang dapat diberikan bagi para trader yang memang serius ingin menekuni trading di pasar Nasdaq adalah sebagai berikut:

1.Batasi Eksposur

Sebaiknya trader membatasi eksposur hingga kurang dari 5% untuk semua perdagangan terbuka.

2.Usahakan untuk Memiliki Positive Risk – Reward Ratio

Trader harus bisa memutuskan berapa Positive Risk – Reward Ratio yang akan dipegang. Ini akan sangat berpengaruh pada hasil trading yang diperoleh. Trader bisa mempelajarinya terlebih dahulu mengenai rasio ini.

3.Menyimpan Trading yang Sudah Dilakukan

Simpan semua trading yang sudah dilakukan. Lakukan evaluasi terhadap hasil trading secara berkala agar trader mengetahui titik kelemahan untuk diperbaiki di kemudian waktu.

Selain melalui artikel ini, trader yang tertarik untuk trading Nasdaq 100 juga dapat mencari informasi dan ilmu yang lebih lengkap melalui Astronacci. Setelah mendapatkan ilmunya, terus berlatih dan belajar dari kesalahan akan membuat trader menjadi semakin mahir.


Tertarik untuk trading di NASDAQ? Astronacci punya panduan lengkap untuk kamu yang mau trading di NASDAQ dari NOL hingga hasilkan profit berlimpah!

Klik disini untuk dapatkan video edukasinya ya.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami