ANALISA FUNDAMENTAL DI SAHAM, PENTING GAK SIH?

Written by Caroline, CWM, February 25, 2022

Kenapa sih saya harus belajar cara menganalisis saham? Bukannya beli aja kaya nabung juga bisa profit? Kenapa perlu belajar Analisa Fundamental?

Investasi adalah cara tepat mengelola keuangan, akhir-akhir ini saham menjadi favorit sebagai salah satu instrument investasi. Selain karena risikonya lebih rendah dibanding instrument investasi lain, investasi saham juga bisa menghasilkan 2 keuntungan yaitu : Dividen & Capital Gain.

Untuk mempelajari lebih detail mengenai saham bagi investor pemula, wajin untuk memiliki bekal khusus pemula belajar saham. Salah satunya dari e-learning yang tersedia di Astronaccishop.com dengan judul BTS (Belajar Trading Saham).

Salah satu prinsip dasar dalam berinvestasi adalah: “Buy what you know, and know what you buy”, yang artinya: “Belilah yang Anda ketahui, dan ketahuilah yang Anda beli”. Dalam berinvestasi, jangan pernah sekalipun membeli produk investasi yang tidak kita kenali, dan tidak kita ketahui perkiraan nilainya.

Analisa fundamental adalah salah satu teknik analisis saham yang berfokus pada beberapa faktor seperti kinerja perusahaan, persaingan usaha, industri, keadaan ekonomi makro ataupun mikro.

Berikut ini beberapa cara sebagai rahasia analisis fundamental saham yang bisa dilakukan :

  1. Pilih perusahaan bagus dan solid
  2. Gunakan acuan harga saham yang sesuai
  3. Margin of Safety (MOS)
  4. Menguasai laporan keuangan
  5. Perhatikan deviden
  6. Temukan sumber informasi valid

Ada 6 rasio keuangan penting dalam analisis fundamental yang sering digunakan para analis fundamental dalam memilih saham, yaitu:

  1. EPS (Earning Per ShareI)
  2. PER (Price to Earning Ratio)
  3. PBV (Price to Book Value)
  4. ROE (Return On Equity)
  5. DY (Dividend Yield)
  6. DER (Debt to Equity Ratio)

Selain menganalisis rasio keuangan, para investor juga dapat melakukan analisis kualitatif (non-keuangan), yaitu mencari tahu mengenai manajemen perusahaan, keunggulan bersaing perusahaan, bagaimana cara perusahaan menghasilkan laba, dan bagaimana model bisnis perusahaan tersebut. Mempelajari instrumen investasi satu ini memang membutuhkan usaha yang lebih, mengingat banyak sekali istilah dan sistematika yang benar-benar harus kita ketahui supaya bisa bertarung di medan perang.

Janganlah berhenti belajar meski Anda sudah menjadi investor aktif sekalipun! Tetap penuhi wawasan Anda dengan belajar e-learning Belajar Trading Saham (BTS) sekarang!

Pemula tidak perlu bingung harus belajar trading saham yang lengkap dan terstruktur darimana, karena astronaccishop.com menyediakan panduan wajib untuk pemula belajar trading saham dengan MUDAH dan MURAH!

Klik disini untuk dapatkan video edukasinya ya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami