ANALISA FUNDAMENTAL YANG ADA DI FUTURES MARKET 

Written by Geraldo Kofit, September 01, 2020

Analisa Fundamental? saya yakin banyak dari anda yang masih menyepelekan hal ini karena dinilai tidak akurat. Nah, pemikiran seperti itu yang wajib dibuang karena ternyata analisa fundamental sangat bermanfaat untuk memastikan trend yang sedang berlangsung. Bagaimana memastikanya ? tentunya jelas menggunakan data-data yang akurat mulai dari keadaan perekonomian sampai peristiwa politik. Dalam artikel ini, akan banyak pembahasan mengenai analisa fundamental yang ada di futures market. Yuk Pelajari!

Berbagai sudut pandang mempunyai definisi tentang Analisa Fundamental dan banyak yang mengartikanya sebagao pengamatan dan penilaian atas kondisi-kondisi yang mendasari pergerakan harga suatu harga. Dalam market futures, ini berarti analisa fundamental mengacu pada kondisi ekonomi suatu negara, neraca, pendapatan, politik, faktor-faktor seperti suku bunga, inflasi, kondisi sektor manufaktur, ketenagakerjaan, Gross Domestic Product (GDP), dan lain-lain yang bisa digunakan untuk mengetahui keadaan komoditas, mata uang atau index yang kita tradingkan.

Tujuan dasar dari seorang analis fundamental adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang parameter penting dari kinerja uang dari laporan arus kas, neraca, laporan laba rugi, dll. Sementara untuk trader dengan analisa fundamental, trader mencoba untuk menangkap peluang yang mungkin akan muncul dari data-data dan berita faktor-faktor ekonomi tersebut, dan karena sifat dari analisa fundamental bukanlah melihat grafik saja, namun melihat ekonomi secara global, maka analisa fundamental juga lebih cocok diterapkan dalam jangka waktu transaksi yang panjang.

Perhatikan Prinsip Dasar Analisis Fundamental

Jarak Informasi 

Semakin dekat informasi dengan suatu index, forex atau komoditas yang akan di futures market maka semakin besar pengaruh informasi tersebut. Misalnya, informasi yang berasal dari dalam negara Amerika tentang NFP (Non Farm Payroll) akan lebih besar pengaruhnya terhadap nilai USD dan GOLD dibanding pair lainya. 

Selisih jarak informasi yang diberikan memberikan pengaruh pada kenaikan serta penurunan harga ini dinamakan volatilitas. Volatilitas nilai pada tiap pasangan valuta asing berbeda-beda pada kurun waktu harian, mingguan, serta bulanan. Volatilitas yang paling rendah adalah pada mata uang Euro dan Franc Swiss atau EUR/CHF. Dengan begitu Anda dapat menyimpulkan bahwa cukup sulit untuk meraih profit dari trading harian mengingat volatilitasnya yang nyaris stagnan atau sangat rendah dan jarak informasi dari analisa fundamental juga sulit ditemukan. Oleh karenanya analisa fundamental juga menganjurkan wait and see ya!

Sumber dan Jenis Berita 

Berita adalah sumber paling dasar dari analisa market. Lihat saja ketika ada rilis sebuah berita, maka harga akan fluktuatif. Respon dari perubahan ekonomi fundamental sangat berperan penting dalam mengenali gejala market serta menentukan arah geraknya. Nah, untuk itu Anda perlu mencermati berita makroekonomi dan data fundamental seperti suku bunga bank sentral. Sayangnya, cara benar menganalisa fundamental dalam futures market masih belum banyak yang paham.

Nah, selain mengenai berita ekonomi, bidang politik bahkan sosial juga turut memberikan pengaruh signifikan. Ketika suatu negara sedang dilanda musibah, misalnya perang, konflik dalam negeri, meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan, pemilihan Presiden AS serta masih banyak lagi lainnya. Meski bukan termasuk bidang ekonomi tetapi peristiwa tersebut memberi dampak besar bagi perekonomian suatu negara yang membuatnya nilai tukar mata uang makin naik atau turun. Untuk itu, solusi yang tepat menggunakan jenis berita fundamental secara maksimal yaitu dengan memilih informasi terlebih dahulu. Tidak semua sumber dapat dipercaya, dibaca kemudian diperhitungkan sebagai faktor pengaruh. Ingat,1 Pilih berita ekonomi atau yang memengaruhinya sesuai level kepentingan saja. 

Berita Rilis

Rilis berita penting dapat menjadi penggerak sentimen risiko pasar, sehingga mendorong orang untuk melakukan transaksi buy dan sell di suatu negara. Pada gilirannya, aksi buy dan sell tersebut dapat mendorong kenaikan atau penurunan nilai suatu komodita, mata uang, saham, atau instrumen finansial lainnya, serta mempengaruhi arus investasi ke suatu negara.
 
Dalam jangka panjang, nilai suatu mata uang cenderung merefleksikan kondisi ekonomi negara penerbitnya. Apabila sebuah negara menunjukkan pertumbuhan ekonomi tinggi, maka nilai tukar mata uangnya di market akan menguat. Sebaliknya, negara yang mengalami krisis ekonomi, maka kurs-nya bisa hancur.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami