ANALISA SAHAM DENGAN FIBONACI, KATANYA MUDAH DIPAHAMI?

Written by Caroline, CWM, June 01, 2022

Fibonacci menjadi salah satu alat ukur yang jadi favorit para trader, dengan  Fibonacci trader bisa menghasilkan PROFIT trading lebih maksimal. Banyak trader yang menyukai Fibonacci Retracement untuk membantu analisa tradingnya.

Tapi..

Masih banyak trader yang bingung menggunakan tools ini, nah pada artikel ini kita akan bahas satu persatu penggunaan Fibonacci di saham, yuk disimak!

1. Objek Analisa Saham Fibonacci

Untuk anda yang menggunakan analisa teknikal dengan Fibonacci, hal yang perlu disiapkan diawal adalah anda harus menyukai analisa menggunakan grafik berbentuk chart, candlestick, bahkan elliot waves. Perilaku  manusia akan direpresentasikan dengan pergerakan grafik tersebut.

2. Horizon Waktu

Analisa saham fundamental merupakan analisa jangka panjang, harus memakan periode waktu yang lama antara 3-5 tahun, karena harus membaca laporan keuangan suatu perusahaan. Sementara analisis teknikal Fibonacci bisa diambil mingguan, harian, bahkan per jam.

Ini karena teknik Fibonacci menggunakan basis chart sebagai tolak ukur perusahaan.

Yang menarik, konsep Fibonacci tidak lepas dari rasio emas atau golden ratio. Apa itu golden ratio? Golden ratio adalah hasil bagi dari angka-angka Fibonacci yang berdekatan memiliki proporsi yang hampir sama. Setidaknya dimulai dari bilangan keempat belas, yaitu 1,618 atau kebalikannya, yaitu 0,618.

Investor biasanya menggunakan level-level Fibonacci retracement untuk membantu menemukan kisaran area yang potensial untuk support dan resistance. Fibonacci retracement juga bisa dimanfaatkan pada saat pasar sedang trending, baik saat up trend maupun down trend.

Konsep dasar penggunaan Fibonacci retracement adalah untuk mencari peluang buy ketika harga di kisaran support dan sebaliknya, mencari peluang sell ketika harga berada di kisaran resistance. Namun, untuk menemukan level retracement, kita harus menemukan titik tertinggi dan terendah yang signifikan terlebih dahulu. Titik-titik tersebut sering disebut sebagai swing high dan swing low.

3. Analisa Fibonacci untuk Trading Saham

Fibonacci biasanya digunakan untuk menentukan titik support yang merupakan batas bawah dan resistance yang merupakan batas atas pada pergerakan harga saham. Sederhananya, teknik analisa saham Fibonacci adalah garis yang ditarik untuk melihat potensi titik support dan resistance dari suatu saham.

Garis-garis pada Fibonacci ini sebenarnya berfungsi sebagai alat bantu bagi trader dan cara menarik garis dalam Fibonacci pun ditentukan secara manual. Ada beberapa poin yang harus dipahami mengenai cara menggunakan analisa Fibonacci, yaitu:

  1. Cara menarik garis Fibonacci yang benar.
  2. Menentukan tren.
  3. Level penting dalam Fibonacci.
  4. Cara membaca support dan resistance pada Fibonacci.

Menentukan garis Fibonacci dilakukan dengan cara menarik garis dari titik swing high (titik tertinggi dalam chart) ke titik swing low (titik terendah dalam chart) atau sebaliknya. Itulah beberapa poin yang penting anda ketahui mengenai analisa saham Fibonacci. Baik atau tidaknya semua kembali ke diri masing-masing, apakah anda memilih dengan analisa saham fundamental atau Fibonacci karena semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Namun, jika anda masih ragu dalam penerapan teknik Fibonacci yang dipahami, anda bisa belajar Fibonacci dengan maksimal, dari e-learning yang ada di astronaccishop.com dengan judul The Art of Fibonacci Platinum”.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami