APA ITU INVESTASI HIGH RISK DAN HIGH RETURN?

Written by Ziadatul Khoiroh, June 09, 2023

Di dalam dunia investasi, ada banyak pilihan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Apalagi jika kamu memiliki tujuan dalam berinvestasi sifatnya jangka panjang. Tentunya, kamu harus memilih instrumen investasi yang dapat menguntungkan dengan risiko yang rendah.

Tingkat risiko setiap investasi yang diikuti dengan pengembalian tentu berbeda-beda. Ada yang tingkat risikonya rendah, namun tingkat pengembaliannya juga rendah atau low risk low return. Ada juga yang tingkat risiko tinggi, namun tingkat pengembaliannya juga tinggi atau disebut high risk high return.

Pengertian dari istilah atau prinsip high risk high return ini dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam mengelola perencanaan keuangan yaitu investasi. Selain keuntungan yang diharapkan dari sebuah investasi, seseorang yang berinvestasi juga harus memahami jika investasi memiliki risiko yang mengarah pada kerugian kepemilikan aset.

Risiko dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Akan tetapi, dapat diminimalisir dengan pengambilan langkah dan penetapan strategi yang tepat. Oleh karena itu, menanamkan modalnya tidak hanya menyiapkan modal saja, namun harus menentukan strategi dan langkah yang diambil ketika risiko akan terjadi di masa mendatang.

Sementara return atau pengembalian merupakan keuntungan yang akan didapat atas suatu aktivitas investasi yang dilakukan. Keuntungan yang dihasilkan ini berupa bunga, selisih nilai, dan dividen tergantung jenis investasi yang dipilih.

Ada dua jenis keuntungan atau pengembalian pada investasi yaitu pengembalian yang diharapkan atau expected return dan pengembalian yang sebenarnya atau realized return.

Tingkat pengembalian atau keuntungan yang didapat oleh setiap investor, tergantung dari usaha dan langkah yang diambil ketika berinvestasi. Misalnya saja pada jenis investasi saham, investor akan selalu mengamati pergerakan harga saham di pasar, menganalisis catatan keuangan perusahaan penerbit saham, dan masih banyak lainnya.

Acuan tersebut yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan setiap investor untuk memutuskan langkah apa yang diambil dalam mendapatkan keuntungan saat berinvestasi.
 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami