APA OVERBOUGHT DAN OVERSOLD DALAM STRATEGI TRADING

Written by Ziadatul Khoiroh, May 19, 2023

Overbought merupakan kondisi di mana harga telah mencapai batas jenuh dari kenaikannya. Kondisi ini umumnya didahului dengan pergerakan uptrend yang sangat signifikan. Setelah kenaikan harga dirasa cukup, para trader dan investor yang sebelumnya mendorong harga dengan membuka order buy akan menutup posisi untuk mengambil profitnya. Di titik inilah harga dikatakan mengalami overbought.

Karena banyak pelaku pasar menutup posisi long dan melakukan profit taking, harga akan melemah setelah melalui level overbought. Semakin banyak trader dan investor yang mengakhiri order buy, maka semakin tajam pula penurunan harga yang terjadi setelah level overbought terlewati.

Sedangkan, oversold adalah kebalikan dari overbought. Di mana, kondisi ini mencerminkan harga yang telah mencapai batas jenuh dari penurunannya. Kondisi ini didahului oleh pergerakan downtrend yang tajam dan bisa terjadi karena sebelumnya ada dorongan sell dari para trader dan investor yang sangat besar. Ketika penurunan harga sudah dianggap terlalu ekstrim dan para pelaku pasar mendapat keuntungan dengan menutup posisi sell, di situlah oversold terjadi.

Indikator untuk Mengetahui Titik Jenuh Saham

Untuk mengetahui apakah saham dalam kondisi overbought atau oversold, maka diperlukan indikator sebagai penunjuk arah. Salah satu jenis indikator yang banyak digunakan trader ialah berjenis momentum  yang dapat memberikan gambaran tingkat kejenuhan pergerakan harga.

Momentum umumnya tidak menempel pada suatu chart (candlestick, line chart, bar chart) melainkan berdiri sendiri. Biasanya terdapat di bawah work sheet dalam suatu range tertentu yang digunakan untuk menentukan kapan masuk kapan keluar. Ada banyak indikator berjenis momentum, beberapa yang banyak digunakan dan mudah diaplikasikan ialah RSI, Stochastic, RSI, MACD, momentum, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas, pentingnya trader untuk mempelajari analisa teknikal dan indikator untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat kapan masuk dan keluar di market.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami