APA SAJA KEUNTUNGAN TRADING DAN INVESTASI SAHAM?

Written by Hanna Dalimunthe, September 19, 2021

Investasi dan trading adalah metode keuangan untuk menambah kekayaan dengan suatu jangka waktu dengan membeli dan menyimpan sebuah portfolio atau kumpulan aset. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan, ternyata investasi saham berbeda dengan trading saham. Belakangan ini saham menjadi salah satu instrumen investasi yang semakin populer dan mulai disukai oleh masyarakat. Hal ini tentu tidak terlepas dari semakin terbukanya kesadaran masyarakat bahwa menyimpan uang di tabungan saja tidak cukup. Coba saja Anda setor Rp 1 juta per bulan ke rekening tabungan Anda selama 12 bulan.

Belum tentu di akhir tahun totalnya lebih dari Rp 12 juta. Biasanya karena terpotong biaya administrasi, uang yang tadinya diharapkan berkembang malah berkurang. Tidak heran masyarakat Indonesia yang semakin cerdas dan melek investasi mengalami pergeseran gaya hidup. Gaya hidup masyarakat dalam hal pengelolaan keuangan lambat laun mulai berubah dari "Saving Society" menjadi "Investing Society". Berikut ini adalah ulasan mengenai 3 keuntungan berinvestasi saham yang dapat Anda peroleh.

  • Mendapatkan Potensi Capital Gain
    Salah satu manfaat investasi saham yang dapat Anda peroleh adalah gain. Semakin berkembangnya sebuah perusahaan dari waktu ke waktu, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Kenaikan harga ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual saham pada harga yang tentu lebih tinggi daripada harga pembelian. Keuntungan dari selisih harga jual dan beli inilah yang disebut dengan capital gain. Mulai saja dulu dengan modal yang kecil. Kini dengan Rp 100.000,- saja Anda sudah dapat berinvestasi saham. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi melalui pemilihan saham yang tepat.
     
  • Mendapatkan Dividen Saham
    Manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika berinvestasi saham adalah menerima dividen. Dividen merupakan pembagian laba bagi para pemegang saham sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki. Ketika mendapatkan dividen, maka Anda pun secara tidak langsung telah diakui sebagai pemilik perusahaan dan berhak ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen akan dibagikan secara merata sesuai dengan lembar saham yang dimiliki. Jadi, semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin besar nilai dividen yang dapat Anda peroleh jika perusahaan tersebut membagikan dividen. Tetapi, dividen hanya akan diberikan jika perusahaan yang sahamnya Anda miliki mendapatkan keuntungan dan ketika mayoritas pemegang saham menyepakati pembagian dividen.
     
  • Berinvestasi secara Fleksibel
    Anda tidak perlu membuang waktu serta tenaga dalam berinvestasi karena investasi saham dapat Anda lakukan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan aplikasi online trading MNC Trade di smartphone Anda. Dengan demikian, Anda pun tidak harus mengabaikan pekerjaan utama Anda. Anda pun tidak harus selalu memperhatikan grafik investasi saham Anda. Anda bisa memasang harga tertentu, sehingga sistem yang akan bekerja secara otomatis untuk membelikan saham tertentu atau menjual saham yang ada di portofolio Anda. Waktu Anda tidak akan terbuang percuma untuk memasang order jual atau beli berkat canggihnya sistem MNC Trade!

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami