APA SIH PERBEDAAN ANTARA STOCKS DAN FUTURES? PEMULA WAJIB TAU!

Written by cindy, June 30, 2023

Masih banyak masyarakat yang terkadang sulit membedakan bahkan bingung memilih antara Trading di Stocks atau Futures. Tahukah Kamu bahwa stocks dan futures memiliki perbedaan yang signifikan? Oleh karena itu, sebelum Kamu terjun langsung ke dunia trading baik itu stocks maupun futures, kamu perlu memahami perbedaannya terlebih dahulu.

Saham bisa diartikan sebagai lembar kepemilikan dari sebuah perusahaan yang bisa dimiliki oleh individu baik dalam skala kecil ataupun besar. Jadi, dalam Stocks Market yang diperdagangkan adalah surat berharga kepemilikan saham sebuah perusahaan. Sedangkan Futures Market adalah sebuah pasar yang memperdagangkan nilai kontrak komoditas, mata uang asing, dan surat berharga yang penyerahannya dilakukan pada waktu mendatang.

Banyak orang membeli saham untuk berbagai tujuan, biasanya untuk keperluan berinvestasi jangka panjang, dengan harapan memperoleh keuntungan berupa deviden dan capital gain dari kenaikan harga saham. Umumnya, para investor akan memilih untuk membeli saham blue chip atau saham plat merah yang mana merupakan saham dari perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan ini umumnya memiliki kapabilitas keuangan yang lebih baik, dan karena itulah, keuntungan yang akan didapat oleh investor akan lebih terjamin.

 Di Futures Market kita membeli atau menjual posisi, yang tidak bisa dijadikan investasi. Jadi semacam kontrak posisi yang suatu saat harus ditutup. Kontrak posisi tersebut didiamkan berapa lama pun, tetap menjadi kontrak posisi dengan nilai yang sama.

Market saham memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan market futures, pergerakan harga yang tidak agresif akan memudahkan trader pemula untuk bisa lebih banyak belajar untuk memahami karakteristik market. Harga disaham yang sangat bevariasi juga menjadikan trader pemula memiliki banyak pilihan di instrumen ini, bahkan dengan modal yang kecil. Hanya saja untuk mendapatkan keuntungan, membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan trading di market futures.

Nah sebaliknya yang terjadi di futures market, traders akan lebih cepat untuk mendapatkan profit. Misalnya entry saat pagi, dan sudah bisa take profit di siang harinya. Modalnya pun bisa disesuaikan dengan profil resiko kita, bisa mulai dari modal yang lebih kecil kecil. Hanya saja pergerakan harganya cenderung lebih volatil apabila dibandingkan dengan saham blue chip. Trading forex juga membutuhkan perhatian yang ekstra untuk memantau pergerakan harga.

Tidak ada yang lebih baik antara keduanya, semuanya butuh proses dan ilmu pengetahuan. Jadi semuanya dikembalikan lagi ke diri kita pribadi nih. kita termasuk tipe yang mana? mau yang cepat profit tapi resiko tinggi tau profit nya pelan namun resikonya rendah? yang tetap perlu diingat, semua market pasti ada resikonya ya, dan kita tidak bisa menghilangkan resiko itu. Namun kita punya kesempatan untuk bisa meminimalisir resiko tersebut.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Stocks Market dan Futures Market memiliki perbedaan yang signifikan. Tidak ada yang lebih baik antara keduanya, semua disesuaikan dengan kenyamanan dan tujuan trader.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau Whatsapp dan cari CINDY silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami