APA YANG DIMAKSUD DENGAN ARB ?

Written by Hanna Dalimunthe, March 12, 2023

Apa yang dimaksud dengan ARB?

Auto reject bawah (ARB) merupakan salah satu istilah dalam transaksi bursa efek. Dilansir dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), ARB adalah batasan maksimum atau minimum kenaikan dan penurunan harga saham dalam satu hari perdagangan bursa. Auto rejection Bawah (ARB) terjadi ketika harga saham turun secara signifikan. Ciri-ciri saham yang terkena ARB adalah tidak ada lagi order di antrian beli (bid) . Contohnya, saham Y ditutup di harga Rp5.000 kemarin. Batasan auto rejection yang berlaku sejak pandemi adalah sebesar 7%. (Menurut pengertian pada google). Nah perlu diketahui ARB ini terjadi ketika batasan maksimum atau minimum kenaikan dan penurunan harga saham dalam satu hari di perdagangan bursa.

AUTO REJECT BAWAH (ARB)

Penyebab dari pada ARB :

  1. Aksi Profit Taking
    Nah tindakan dari aksi profit taking ini kondisi saham tinggi tentu saja normal terjadi karena para investor dan trader ingin mendapatkan keunttungan. Ternyata transaksinya membuat saham terkoreksi bearish atau turun.
  2. Banyak Investor Ritel Baru 
    Banyak investor pemula minim akan ilmu dan sekedar ikut-ikut saja, tanpa mengetahui ilmunya terlebih dahulu. Ikut-ikutan ini menyebabkan greedy pada market langsung beli apa yang di infokan teman atau influencer tanpa menganalisa lebih lanjut, dan tindakan ini berpengaruh pada tingkat harga saham keseluruhan. 
  3. Transaksi dengan Trading Limit 
    Trading dengan trading limit ini sebagai fasilitas dari perusahaan efek untuk nasabah membeli saham. Dikarenakan banyak bermunculan investor atau trader minim nya pengetahuan, saat terjadi kenaikan harga saham maka membuat potensi investor membeli saham secara melebihi dari ketersedian dana nya di rekening dana nasabah (RDN) sehingga mengajukan pinjaman Trading limit (TL)

Oleh karena itu, penitng bagi calon investor untuk mengetahui dasar pengetahuan ketika mau memulai investasi di pasar modal, selain untuk mengantisipasi risiko yang akan terjadi, dan juga membantu untuk mempersiapkan keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu panjang ataupun jangka pendek. Melalui A-CLUB Academy, Anda akan dipandu dalam memperoleh rekomendasi ataupun arahan transaksi jual-beli dipasar modal atau di perushaan efek yang berpotensi, sehingga tidak perlu menganalisa market. Hal ini yang dibutuhkan bagi para investor untuk mengetahui saham saham apa yang layak untuk diperjual belikan, dan memudahkan bagi para investor yang tidak memiliki waktu untuk trading atau berinvestasi. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi kontak dibawah ini. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami