APAKAH KAMU SUDAH TERMASUK DI 7 KEBEBASAN FINANCIAL?

Written by Ziadatul Khoiroh, May 12, 2023

Banyak orang di Indonesia memiliki keinginan untuk mencapai kebebasan financial atau financial freedom, namun tidak banyak yang paham mengenai pengertian dari kebebasan financial ini sendiri. Kebebasan merupakan kondisi di mana seseorang memunyai cukup simpanan uang, terbebas dari utang, mempunyai investasi dan uang yang cukup untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan sampai jangka waktu yang lama untuk diri sendiri dan keluarga.

Dalam beberapa pilihan kebebasan financial ini bisa di artikan secara luas dan dapat di bagikan kebeberapa tahapan. Menurut Grant Sabatier sesuai yang ditulis dalam bukunya, dalam financial freedom ada tujuh level kebebasan finansial yang bisa dilihat di bawah ini :

1. Level Clarity
Di level ini ada kemungkinan untuk memeriksa situasi keuangan terlebih dahulu. Mulai dari berapa banyak uang yang kamu miliki hingga menghitung berapa banyak utang. Kemudian kamu bisa menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai selanjutnya.

2. Level Self Suffiency
Pada level ini jika ingin mandiri secara finansial maka kamu harus mempunyai penghasilan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari tanpa bantuan siapa pun seperti bantuan dari orang tua ataupun anggota keluarga lainnya.

3. Level Breathing Room
Pada level ini orang-orang masih memiliki sisa uang setelah membayarkan biaya hidup dan sisa uang tersebut bisa digunakan untuk mencapai tujuan finansial lain seperti menabung dana darurat atau berinvestasi untuk pensiun. Saat kamu mencapai pada level ini nantinya memiliki kelonggaran finansial akan tetapi walaupun menghasilkan banyak uang perlu tetap berhemat pada uang tersebut.

4. Level Stability
Level ini kamu sudah tidak memiliki utang, baik itu utang kartu kredit ataupun utang yang lainnya, kamu juga sudah memiliki dana darurat yang nilainya setara dengan biaya hidup kamu selama 6 bulan ke depan. Saat sudah memiliki dana darurat artinya kamu sudah memiliki pengaman apabila ada keadaan darurat atau tak terduga, contohnya seperti mengalami pemutusan hubungan kerja ataupun menghadapi resesi.

5. Level Flexibility
Di level ini kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup untuk setidaknya membayar biaya hidup selama 2 tahun ke depan. Dengan memiliki tabungan sebanyak itu tentunya kamu tidak perlu lagi menyimpan semuanya dalam bentuk tunai, kamu bisa menyimpan uang tersebut ke bank agar bisa digunakan secara fleksibel untuk kebutuhan dan keinginan.

6. Level Financial Independence
Saat kamu berasa pada level ini maka kamu telah mencapai kemandirian finansial dalam hidup hanya dari pendapatan yang sudah diperoleh dari hasil investasi, jenis investasi tersebut bisa berbagai macam mulai dari berupa hasil sewa properti ataupun dari portofolio investasi yang menghasilkan bunga.

Agar bisa mencapai level ini kamu harus menginvestasikan pendapatan dalam presentasi yang tinggi agar kamu semakin cepat dalam mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu setiap kali mendapatkan gaji, pastikan ada sebagian uang yang kamu tabungkan atau investasikan agar suatu saat kamu bisa mencapai financial freedom level 6 ini.

7. Level Abundant Wealth
Level yang terakhir adalah level abundant wealth, saat kamu berada pada level ini maka kamu sudah tidak memiliki kekhawatiran tentang finansial karena kekayaan kamu sudah melilmpah.
 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami