APASIH SEBENARNYA FUNGSI DARI SEKURITAS? COBA BACA INI YA!

Written by Hana Florencia, January 06, 2023

Sekuritas adalah bukti adanya kepemilikan saham dalam suatu perusahaan publik. Tapi untuk di negara kita, sekuritas seringkali diklaim memiliki makna yang sama dengan perusahaan sekuritas. Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah mengantongi ijin usaha dari OJK untuk bisa melakukan kegiatan usaha sebagai pihak perantara pedagang efek, pihak penjamin emisi efek, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal. Jadi, Anda tidak bisa langsung membeli saham pada perusahaan publik yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tanpa adanya perusahaan sekuritas. Untuk itu, perusahaan sekuritas menjadi pihak perantara antar investor dan perusahaan yang melakukan kegiatan jual beli saham di BEI. Saat ini, terdapat dua jenis perusahaan sekuritas yang bergerak di Indonesia, yaitu perusahaan sekuritas asing dan perusahaan sekuritas lokal.

Berbagai riset yang dilakukan para perusahaan sekuritas asing juga bisa dibilang sangat dalam, sehingga bisa dijadikan pertimbangan utama bagi para investor. Tapi dibalik hal tersebut, kegiatan jual beli di perusahaan asing umumnya lebih tinggi, yaitu sekitar 0,25% untuk nilai transaksi beli, dan 0,35% untuk nilai transaksi jualnya. Sebagai perbandingan, biaya transaksi jual beli saham pada perusahaan sekuritas lokal saat ini hanya berkisar antara 0,15%-0,25%.

  • Kegiatan Usaha Perusahaan Sekuritas
    Masih dilansir dari laman resmi OJK, setidaknya ada dua aktivitas usaha yang dilakukan perusahaan sekuritas, yaitu perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.
     
  • Perantara Perdagangan Efek
    Perusahaan memiliki peran sebagai pihak perantara perdagangan efek atau broker dealer, sehingga mereka akan melakukan aktivitas jual beli efek berupa surat berharga untuk kepentingannya sendiri atau untuk orang lain. Selain itu, perusahaan sekuritas juga biasanya akan melakukan aktivitas jual beli saham dan obligasi yang bisa dilakukan di BEI atau di luar BEI.
     
  • Penjamin Emisi Efek
    Kegiatan lain yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas adalah menjamin emisi efek. Artinya, perusahaan sekuritas memiliki tanggung jawab penuh dalam membantu calon emitennya untuk melakukan aktivitas penawaran umum saham atau dikenal dengan initial public offering (IPO), dengan ataupun tanpa adanya kewajiban dalam membeli sisa efek yang tidak terjual di pasar.
     
  • Perusahaan Sekuritas di Indonesia
    Berdasarkan data yang ditarik dari situs resmi KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia, tercatat ada 108 perusahaan efek yang sudah memperoleh izin resmi dari pihak OJK. Beberapa diantaranya adalah UOB Kayhian Sekiritas, Indo Premier Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Equity Sekuritas Indonesia, dan Indosurya Bersinar Sekuritas. Itu hanyalah sebagian perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar OJK, masih ada banyak perusahaan sekuritas lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tapi, Anda tidak boleh asal dalam memilih perusahaan sekuritas. Terdapat pertimbangan yang harus Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami