AUTO CUAN! INI DIA TIPS TRADING SAHAM KHUSUS PEMULA

Written by Danuh Nuraga, November 07, 2022

Karena investasi memiliki resiko dan mengharuskan Anda memiliki kemampuan cara analisa yang baik, Anda tidak bisa sembarang dalam berinvestasi. Minimnya literasi investasi menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan investor muda. Tanpa pengetahuan yang tepat dan dalam mengenai selak-beluk saham, pemula menanamkan modalnya berdasarkan dorongan nafsu.

Ingat ya, berinvestasi  tidak hanya modal mengikuti tren! Anda mempertaruhkan uang yang tidak sedikit dengan harapan meraih cuan di masa depan. Oleh karenanya, keseriusan dan kewaspadaan dalam bertindak perlu ditingkatkan bagi investor pemula. Nah, agar Anda tumbuh menjadi investor yang ulung, yuk pelajari cara main saham untuk pemula berikut ini.

Menggali Informasi Sebanyak Mungkin

Tips trading untuk pemula yang pertama yaitu menggali informasi sebanyak mungkin. Sebab, dengan informasi yang didapatkan kamu bisa melakukan analisis dengan lebih mudah.

Pastikan informasi yang kamu dapatkan terpercaya. Informasi tersebut seperti laporan keuangan, corporate action, hingga public expose dari suatu perusahaan.

 

Pelajari Analisis Yang Akan Digunakan

AUTO CUAN! INI DIA TIPS TRADING SAHAM KHUSUS PEMULA

Mempelajari cara analisis sangat penting dalam trading saham. Hal ini diperlukan agar kamu bisa mendapatkan keuntungan, dan menghindari kerugian.

Kamu bisa mempelajari dasar-dasar dari analisis saham, mulai dari segi fundamental maupun teknikal.

 

Memilih Perusahaan Sekuritas yang Sesuai

Perusahaan sekuritas merupakan perantara antara investor dengan perusahaan yang akan melakukan jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Setiap membeli saham melalui perusahaan sekuritas ini, kamu akan diwajibkan membayar biaya pada setiap transaksinya.

Biaya yang dikeluarkan untuk tiap perusahaan sekuritas cukup beragam. Oleh sebab itu, pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya yang rendah, ketika kamu ingin membuka rekening efek.

Seperti, pada perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya 0,20% dari jumlah pembelian saham pada setiap transaksinya. Dengan memilih persentase biaya yang rendah, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal.

 

Pilih Indeks Saham yang Tepat

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat 22 jenis indeks saham yang terdaftar. Kamu perlu mengenal jenis-jenis saham tersebut, dan mengetahui jenis saham yang memiliki likuiditas tinggi.

Contohnya pada indeks LQ45 atau IDX30. Kedua indeks tersebut memiliki likuiditas yang tinggi, dan bahkan di dukung oleh kualitas perusahaan yang terpercaya.

 

Tentukan Periode Trading

Tips trading saham untuk pemula selanjutnya adalah menentukan periode tranding. Kamu bisa memilih ingin melakukan trading dalam jangka waktu Panjang atau pendek

Keduanya memiliki risiko masing-masing. Jika memilih jangka pendek, risiko kerugian yang akan kamu tan.ggung lebih besar, tetapi peluang profit yang bisa didapatkan lebih cepat. Sedangkan, jika memilih jangka panjang, risiko kerugian akan semakin kecil, namun untuk mendapatkan profit membutuhkan waktu yang lebih lama.

 

Waktu Membeli dan Menjual Saham

AUTO CUAN! INI DIA TIPS TRADING SAHAM KHUSUS PEMULA1

Perlu diketahui, harga saham sangatlah fluktuatif. Harga bisa melambung tinggi, tetapi bisa juga mendadak turun.

Oleh sebab itu, kamu perlu membeli saham di waktu yang ‘pas’. Misal, belilah saat kondisi saham buy on weakness atau buy on breakout. Buy on weakness merupakan kegiatan membeli saham ketika harga di posisi rendah, atau berada pada titik support.

Sedangkan buy on breakout, adalah kegiatan membeli saham ketika harga menembus resistance. Tidak hanya ketika membeli, untuk mendapatakn cuan yang banyak, kamu juga perlu memikirkan waktu ketika menjual saham.

Kamu bisa menjual saham saat kondisi sell on strength, kondisi ini yaitu menjual saham saat harga mencapai titik resistance.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami