AWAL TAHUN 2022 INVESTASI SAHAM, MASIH DIMINATI KAH?

Written by Hanna Dalimunthe, January 04, 2022

Melanjutkan tahun pemulihan, dari tahun 2021 menjelang di tahun baru 2022 menjadi tahun yang diharapkan untuk bebas covid-19 dan juga pemulihan ekonomi Indonesia. Diprediksi beberapa emiten akan cemerlang, lantaran di tahun sebelumnya banyak melakukan perbaikan dan strategi baru yang akan dihadapi di tahun-tahun berikutnya.

Namun, karena investasi ini menjadi salah satu arahan dan media Investor atau pun pengusaha dan anak millennial untuk mengembangkan keuangan nya, dan untuk mendapatkan tujuan kebebasan keuangan, maka Investasi saham masih diminati dan menjadi pilihan kedua dalam memulai berinvetasi dengan lebih aman.

IHSG di awal tahun pun di buka dengan arah harga yang menguat, dikutip dari investasi.kontan.co.id bahwa kenaikan IHSG di awal tahun 03 Januari 2022 pembukaan menguat hingga 0,33% atau 20 poin ke 6.602 kenaikan ini ditopang oleh penguatan lima indeks sectoral, sektor keuangan menguat 0,16% sektor barang konsumsi primer naik 0,47% sektor teknologi menanjak 0,33% sektor infrastuktur menguat 0,14% dan sektor barang konsumsi nonprime naik 0,20%.

INVESTASI SAHAM AMAN, MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN

Inevestasi saham menjadi wadah para investor dan juga kalangan anak muda untuk menumbungkan keuangan nya, dalam memulai berinvestasi saham kini setiap para investor yang mau memulai investasi saham dapat membuka rekening efek di sekuritas yang terjamin keamananya. Pastikan saat memulai investasi saham carilah dan pilih sekuritas yang sudah pasti dinaungi oleh lima Lembaga pengawas, yaitu:

  1. Terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  2. IDX (Indonesia Stock Exchange)
  3. KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia)
  4. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
  5. SIPF (Securities Investor Protection Fund)

Dari 5 lembaga pengawas diatas sebagai Lembaga yang mengawasi transaksi di pasar modal, dan juga mencatat transaksi di pasar modal dan juga ada yang menjamin dan menyimpan modal investor dan yang terakhir ada Lembaga penjamin dana hilang, jika investasi kita dana nya tidak mungkin dibawa kabur atau pun kalau merugi dengan suatu perusahaannya keuangan nya melemah, maka perusahaan tersebut harus mengembalikan atau memperjuangkan keuangan nya kepada para investor terlebih dahulu. Kemudian pastikan juga untuk sekuritas yang sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia)

Jadi, sudah dipastikan Investasi ini aman dan juga mudah serta dapat menguntungkan, apakah benar? Ini dia keuntungan dari Investasi Saham:

  1. Capital gain, adalah keuntungan dari suatu perusahaan kepada para pemegang saham dari selisih harga transaksi jual beli dan juga dari selisih ini lah yang menjadi keuntungan para pemegang saham.
  2. Dividen, adalah pembagian laba yang diberikan dari perusahaan kepada para pemegang saham, dividen ini terdiri dari dua jenis, ada dividen tunai dan dividen saham. Untuk dividen tunai berarti perusahaan memberikan uang tunai kepada pemegang saham satu per satu lembar saham yang mereka miliki, nah sedangkan dividen saham artinya perusahaan memberikan dividen berupa saham oleh karena itu investor akan bertambah jumlah lot sahamnya.

Menarik kan? Oleh karena itu, kapan lagi mau memulai investasi? Kalau tidak dimulai dari sekarang, tunggu apalagi? Daripada ditunda-tunda dan tidak memulai berinvestasi saham, yuk cari tahu selengkapnya dan bisa konsultasikan dengan Hanna ya.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi melalui artikel ini Anda memulai berinvestasi dan konsultasi dalam memulai investasi saham 
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami