AWAS DIVIDEN TRAP, APA ITU DAN CARA MENGHINDARINYA

Written by Indri Dwi Sapitri, October 30, 2023

Traders! Apakah kamu belakangan ini sering mendengar tentang dividen trap? Apa yang ada dalam benak Anda saat mendengar kata tersebut? Apakah itu jebakan? kenapa keuntungan bisa jadi jebakan? Penasaran kan? 

Nah Anda harus membaca ini sampai akhir ya! karena Kami akan membahasnya dengan detail serta cara menghindarinya!

Apa sih Dividen Trap? Sebelum itu, kita bahas dulu mengenai Dividen dan cara mendapatkannya.

Apa Itu Dividen?

Dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham dari sebuah perusahaan. Dengan Anda memiliki saham di salah satu perusahaan, Anda berkesempatan mendapatkan Dividen saat ada jadwal pembagian Dividen. 

Besaran pembagian dividen dan berapa sering pembagiannya ini tergantung dari perusahaannya itu sendiri. Sebelum membagikan Dividen biasanya perusahaan akan mengundang para pemegang saham untuk rapat umum terlebih dahulu (RUPS).

Pada pembagian Dividen, ada 2 tanggal yang perlu Anda perhatikan, yaitu Cum-Date dan Ex-Date. Cum Date merupakan hari terakhir investor membeli saham agar bisa mendapatkan dividen. Sedangkan ex date adalah Tanggal dimana investor sudah tidak mendapatkan hak dividen dari suatu saham yang dibelinya. Jadi jika Anda membeli saham sebelum Ex-date, maka Anda akan mendapat Hak mendapatkan Dividen.

Mengenal Dividen Trap

Dividen Trap atau Jebakan Dividen adalah yang perlu kita waspadai dalam mencari keuntungan dalam berinvestasi Saham. Jebakan ini terjadi saat harga turun secara signifikan sampai pada tanggal cum-date. 

Tujuan perusahaan membagikan Dividen selain karena pembagian keuntungan, juga tentu saja agar investor tertarik untuk membeli saham tersebut karena akan mendapat keuntungan ini.

Namun, bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari Dividen yang dibagikan jika harga Saham tersebut terus turun secara signifikan sampai tanggal cum date? Bukannya untung yang didapatkan, malah buntung karena harga saham menjadi lebih murah.

Umumnya, harga saham akan naik mendekati tanggal cum-date, karena investor akan berlomba-lomba untuk membeli saham ini. Namun jika malah mendapati hal yang sebaliknya atau merugi, maka Anda bisa dikatakan masuk ke dalam jebakan dividen.

Bagaimana Cara Menghindari Dividen Trap?

Astronacci, memberikan beberapa tips berikut untuk Anda agar tidak terkena dividen trap ini.

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Penawaran Dividen yang Besar

Sebelum membeli saham yang Anda tertarik dengan informasi dividennya, Anda wajib melakukan analisis terlebih dahulu agar tidak terkena dividen trap, analisis yang bisa lakukan adalah dengan menganalisis:

- Analisis Fundamental
Anda harus melihat fundamental perusahaan, dalam hal ini bisa dengan melihat laporan keuangan perusahaan tersebut untuk mengetahui kondisi perusahaan. Laporan keuangan dapat dengan mudah didapatkan, biasanya ada pada platform trading di sekuritas pilihan Anda, ataupun dengan mengaksesnya di website perusahaan yang ingin dibeli sahamnya.

- Analisis Teknikal
Dengan menganalisis teknikal, Anda bisa melihat tren atau pola dari harga saham dan memprediksi harga saham yang akan terjadi. Cara ini dapat membantu Anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk memasang posisi, entry point maupun exit point.

2. Perhatikan Aspek Likuiditas Saham

Salah satu faktor penting bagi trader agar tidak terkena dividen trap adalah dengan mengecek likuiditas saham. Saham yang likuid artinya saham tersebut aktif diperdagangkan. Dikatakan aktif biasanya ditandai dengan selalu adanya antrian order pada fraksi-fraksi harga di harga permintaan (bid price) maupun penawaran (offer price) serta dengan Market Cap yang cukup besar.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakomodir saham-saham yang termasuk dalam kategori likuid dalam bentuk indeks saham contohnya seperti IDX80, IDX30 dan LQ45. 

3. Pantau Historikal Perusahaan Saat Membagikan Dividen

Anda dapat mencari tanggal-tanggal pembagian Dividen di perusahaan tersebut sebelumnya. Silahkan Anda analisis bagaimana kondisi harga saham pada saat-saat tersebut agar tidak terkena dividen trap. 

Emiten dengan pertumbuhan imbal hasil yang stabil biasanya akan memiliki jadwal rutin pembagian dividen. Potensi pembagiannya juga jauh lebih jelas.

4. Beli Saham Karena Memang Berpeluang untuk Naik

Beli saham jangan hanya dikarenakan ada pembagian Dividen, tapi Anda perlu beli Saham saat harga saham tersebut "diskon". Harga saham "Diskon" dapat dilihat dari nilai PBV (Price to Book Value) yang merupakan perbandingan dari harga apresiasi di market dengan nilai buku atau equity emiten tersebut.

 

Waspadai Dividen Trap Agar Tidak Rugi

Jadi, Dividen trap adalah salah satu risiko yang harus diwaspadai oleh semua investor / trader saham. Dengan Anda menerapkan tips-tips diatas, diharapkan para investor dapat mengurangi risiko terkena dividen trap tersebut.

 

RECOMMENDATION FORM EXPERT:

- Pastikan Anda mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini

- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

- CALL atau whatsapp dan cari Coach Indri, silahkan hubungi Disini

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami