BAGAIMANA PROFIT DI SAHAM BISA KONSISTEN? YUK SIMAK

Written by Holis Syaputra, December 04, 2020

Trader mana yang tidak mau meningkatkan profit secara konsisten dalam dunia trading saham?

Saya yakin, sebagai seorang trader anda pasti ingin bisa menghasilkan profit secara konsisten bukan?

Saham merupakan salah satu dari sekian banyak instrumen bisnis atau investasi yang bisa memberikan hasil pertumbuhan yang cukup besar serta sangat menguntungkan. Selain memiliki keuntungan yang besar, trading atau investasi saham pun bisa menimbulkan kerugian yang besar jika Anda tidak bisa menerapkan strategi dengan baik. Oleh karenanya cara menghasilkan profit konsisten dan sebelum memutuskan untuk trading atau investasi saham sangatlah penting untuk mengetahui langkah- langkah strategis trading atau investasi saham dengan profit konsisten

Konsultasi Sebelum Membeli Saham 

Sebelum berinvestasi saham, Anda harus memahami cara membeli saham Indonesia di bursa saham. Caranya, Anda terlebih dahulu membuka rekening saham atas nama Anda. Pembukaan rekening saham dilakukan ke perusahaan sekuritas (perusahaan pialang atau perusahaan broker saham). Secara teknis, pembukaan rekening saham mirip dengan pembukaan rekening tabungan. Umumnya, saldo awal rekening untuk investasi saham dimulai dari Rp5 juta sebagai saldo awal minimal.

Proses lainnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening investor dengan melampirkan data identitas alamat tempat tinggal, data usaha atau pekerjaan, data ahli waris, dan copy rekening buku tabungan Anda. Transaksi jual beli saham dilakukan melalui perantara bernama perusahaan sekuritas. Setelah Anda memiliki rekening saham, Anda bisa memulai membeli saham yang Anda inginkan. Lakukan konsultasi saat Anda memilih saham sebelum melakukan pembelian. Aktiflah bertanya dan mempelajari saham-saham perusahaan yang memiliki prospek bagus untuk investasi.

Monitor Informasi Saham Perusahaan 

Sebelum Anda membeli saham, pelajari analisa fundamental sederhana tentang kondisi perusahaan saham yang Anda pilih. Lakukan monitoring pada berita-berita terkait perusahaan tersebut. Tujuan memonitoring adalah melihat kondisi perusahaan tersebut apakah perusahaan yang bertumbuh dan berkembang dengan sehat dan menuai untung atau sebaliknya. Selain itu, perhatikan pula  berita lainnya seperti rencana bisnis perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut memiliki rencana untuk ekspansi bisnis, akuisisi perusahaan baru, atau sebaliknya memiliki rencana untuk pengurangan atau penyusutan bisnis.

Pelajari pula kinerja perusahaan saham-saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Anda bisa mendapatkan banyak informasi dari website BEI tentang prospektus perusahaan, profile perusahaan,  laporan keuangan, hingga berita pasar modal lainnya.  Tujuannya, agar Anda bisa mengetahui perkembangan saham perusahaan yang Anda pilih tersebut, hal ini berkaitan erat dengan hasil invetasi yang akan Anda peroleh. Jika perusahaan memiliki rencana bisnis yang bagus dan bertumbuh sehat, sahamnya juga akan mengalami hal yang sama.

Miliki Manajemen Psikologi Saat Trading Saham 

Trading merupakan aktivitas yang memiliki potensi profit sebanding dengan risiko yang akan ditanggung. Ketika sobat memperoleh profit besar dalam waktu singkat juga memiliki potensi kerugian yang sepadan. Jangan berkecil hati melihat profit orang lain yang lebih besar. Percayalah pada diri sobat sendiri.

Lebih baik profit kecil namun konsisten, daripada profit besar namun beberapa saat kemudian akun trading sobat hangus hanya karena ambisi untuk meraih profit besar yang tidak disesuaikan dengan modal yang sobat miliki. Ketika seorang trader lebih mengedepankan ambisi untuk meraih profit besar, disaat itu pula kondisi psikologinya menjadi tidak stabil dan seringkali menyebabkan kerugian.

Menentukan Target Profit Yang Realistis 

Pasar saham tidak hanya menjanjikan namun juga penuh dengan ketidakpastian. Banyak rumor yang berkembang mengenai cara kaya dalam waktu sekejap dari saham. Transaksi saham bukan merupakan skema cepat kaya. Jika sobat memiliki mindset untuk cepat kaya dari saham tanpa modal yang cukup, lebih baik urungkan niat sobat untuk menjadi seorang trader.

Kemungkinan tersebut ada, tapi hanya jika kita tetap memperoleh profit secara konsisten. Bagi pemula, profit 2% dari sebuah saham sudah tergolong cukup bagus. Jangan berharap dari sebuah transaksi yang dijalankan dalam waktu singkat sobat bisa memperoleh keuntungan dua kali lipat dari modal. Memang ada potensi beberapa kali lipat pada beberapa saham gorengan, namun kami tidak menyarankan sobat untuk membeli saham gorengan, karena cenderung memberikan persentase kerugian yang lebih besar daripada keuntungan yang akan diperoleh.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, sebagai seorang trader saham anda pasti bisa menghasilkan profit secara konsisten, kuncinya adalah atur langkah yang tepat dan teruslah belajar dari hal-hal yang baru seperti yang sudah saya jabarkan diatas serta terus melihat kesalahan2 yang ada. 

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

Ingin tahu tentang solusi trading futures lebih detail? CALL atau Whatsapp ke +62 8788.42.50.484 dan cari HOLIS

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami