BEBERAPA BULAN PENTING BAGI MARKET SAHAM 

Written by Holis Syaputra, August 09, 2020

Pada setiap menjelang akhir tahun, biasanya Anda akan mendengar atau membaca istilah dalam berita pasar saham atau pasar berjangka seperti "January Effect" atau "Santa Claus Rally", juga istilah lainnya. The only question is, apakah setiap bulannya aka nada fenomena seperti ini di Stock Market Indonesia? Yuk langsung kita Bahas ada fenomena-fenomena apa saja yang terjadi selama sepanjang tahun di Pasar Modal Indonesia.

Bulan Januari

Pada bulan Januari, ada beberapa fenomena saham yang terjadi. Yang paling terkenal itu adalah January Effect serta January Barometer. Mungkin kebanyakan Anda sudah tau apa itu January Effect, Istilah January Effect ini cenderung menggambarkan anomali di market, khususnya pada pasar saham, ketika harga-harga saham naik pada bulan Januari. Biasanya trader membeli saham-saham pada harga yang relatif rendah sebelum Januari, lalu menjualnya pada harga tinggi. Fenomena ini terjadi karena para investor perorangan yang sensitif terhadap pajak pendapatan biasanya menjual saham-saham yang merugi, atau saham-saham kecil yang kurang menguntungkan.

Selanjutnya adalah January Barometer, pada dasarnya January Barometer ini tidak begitu terjadi di Indonesia melainkan di negara asalnya, Amerika Serikat. January Barometer ini adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa pergerakan salah satu indeks saham raksasa Amerika (S&P 500) selama Januari akan membentuk arah Pasar Saham selama setahun.

Bulan Februari

Pada Bulan Februari, biasanya pasar saham akan sulit untuk di prediksi, pergerakan harga sendiri akan menjadi volatile dan sangat beresiko. Memang di momen-momen ini adalah “surganya” para trader karena pergerakannya yang sangat fluktuatif. Tapi biasanya Indeks sendiri akan mengalami penurunan yang signifikan. Sebagai para investor saham jangka panjang, ada baiknya menghindari “entry” pada awal bulan Februari, tetapi masuklah pada pernghujung bulan februari.

Bulan Maret

Pada bulan Maret, terjadi momen “penyegaran” bagi beberapa sektor di bursa, hal ini konsisten ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir dan semakin banyaknya transaksi di bursa. Melihat cukup signifikannya animo masyarakat terhadap jenis investasi ini. Biasanya, di bulan Maret ini indeks Harga Saham Gabungan akan memasuki Rally yang lumayan panjang dan pada saat-saat inilah jumlah transaksi pembelian di pasar saham memasuki jumlah terbanyak di satu tahun.

Bulan April

Melanjutkan rallynya di bulan Maret, IHSG di bulan April pun terus akan melanjutkan trend bullishnya hingga pertengahan Mei nanti. IHSG akan mencapai harga puncak di bulan-bulan ini, April dan Mei. Sebagai seorang Investor saham, momen di bulan ini merupakan yang disebut sebagai “musim take profit”. Tidak hanya investor lokal dan retail saja yang akan melakukan aksi taking profit, investor dan trader asing pun akan melakukan aksi taking profit ini di bulan-bulan ini. HAPPY CUAN!

Bulan Mei

Pada bulan Mei, terlihat bahwa indeks mulai “jenuh” oleh keadaan seller yang menguasai perdagangan. Efeknya? Trend yang bullish pun perlahan bahkan bisa saja cepat akan berubah menjadi bearish trend. JIka kalian pernah mendengar istilah “Sell in May and Go Away”, nah hal inilah yang benar-benar terjadi. Istilah ini merupakan hal terkenal yang memperingatkan investor dan trader untuk menjual kepemilikan saham mereka pada bulan Mei guna menghindari penurunan musiman di pasar modal. Sell in May and Go Away merupakan strategi untuk mengamankan modalnya sebelum kembali ke lantai bursa saham pada November. Kecenderungan investor menghindari periode Mei-Oktober banyak terjadi di bursa Amerika Serikat (AS).

Setiap bulan tentu saja memiliki “event”nya sedniri di pasar modal, issue yang keluar pun tidak sedikit tentang perusahaan A akusisi perusahaan B, issue bahwa perusahaan C akan mendapatkan keuntungan besar, dll. Untuk itulah diperlukan ilmu-ilmu dasar trading dan investasi seperti money manajemen, risk manajemen, dan yang terpenting adalah analisa teknikal yang mumpuni.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami