BEBERAPA OPSI INVESTASI DI MARKET

Written by Hana Florencia, March 14, 2023

Di pasar saham, tentu saja kita bisa membeli saham. Tetapi selain saham, ada beberapa jenis saham yang bisa kita beli di pasar saham, yaitu: Waran, HMETD, dan ETF. Baca artikel ini untuk penjelasan lengkapnya.

  • WARAN (WARRANT)

    Waran adalah hak untuk membeli saham dari satu perusahaan dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya oleh penerbit waran atau emiten. Waran biasanya diterbitkan berbarengan dengan IPO suatu saham. Gunanya adalah sebagai pemanis, untuk menarik para investornya agar mau membeli saham baru tersebut (sweetener). Seperti saham, waran juga diperdagangkan di bursa, sehingga pemilik waran dapat ikut mendapat keuntungan (capital gain) jika harganya mengalami kenaikan. Ciri Waran, adalah dengan penambahan huruf W pada akhir kode saham emiten: contoh MEDC-W, BRPT-W, CMNP-W, dan seterusnya
     
  • HMETD (RIGHT)

    Salah satu strategi pengembangan usaha perusahaan terbuka adalah dengan menambah modal. Dengan pendanaan yang memumpuni, maksud dan tujuan perusahaan sedikit demi sedikit dapat diwujudkan. Oleh karena itu pencarian modal yang dilakukan oleh perusahaan terbuka tidak terbatas pada Initial Public Offering (IPO) saja, tapi lebih dari itu. Tahap penggalangan dana selanjutnya setelah IPO adalah dengan menambahkan modal perusahaan terbuka. Perusahaan terbuka bisa melakukan penambahan modal melalui dua cara, yaitu penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (Tanpa HMETD).

    Banyak masyarakat yang belum bisa membedakan HMETD dengan Tanpa HMETD. HMETD biasa dikenal juga dengan istilah Right Issue atau Penawaran Umum Terbatas, sedangkan Tanpa HMETD basa dikenal dengan istilah Private Placement. Perbedaan kedua ada pada dasar hukumnya, ketentuan mengenai HMETD diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-26/PM/2003 Peraturan No. IX.D.1. tentang Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (Peraturan No. IX.D.1. tentang HMETD), sedangkan ketentuan mengenai Tanpa HMETD diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-429/BL/2009 Peraturan No. IX.D.4. tentang Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

    Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah hak (Right) yang diperoleh para pemegang saham lama untuk menerima penawaran terlebih dahulu apabila perusahaan akan menerbitkan saham baru. HMETD memiliki batas waktu penebusan. Jika tidak menebus untuk membeli saham baru tersebut, maka HMETD akan hangus, akibatnya persentase kepemilikan saham tersebut akan terdilusi. HMETD juga dapat diperdagangkan. Namun, hanya dapat diperdagangkan di Pasar Tunai dan Pasar Negosiasi pada sesi I. Ciri HMETD, adalah dengan penambahan huruf R pada akhir kode saham emiten: contoh INKP-R, UNTR-R dan seterusnya
     
  • ETF (EXCHANGE TRADED FUND)

    ETF adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif / KIK (Kontrak penerbit Reksa Dana dengan bank kustodian). Secara singkat dapat dikatakan ETF adalah penggabungan antara unsur Reksa Dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme jual beli saham. Pada dasarnya ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam pengelolaan dana (pengelolaan diversifikasi portofolio) dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual beli.

    Perkembangan Dana Kelolaan Produk Reksadana Exchange Traded Fund (ETF): Perkembangan ETF berdasarkan sejarah di Amerika Serikat dimulai sejak tahun 1993 dan sekarang menjadi salah satu produk investasi favorit di Amerika. Produk ETF secara global dilatarbelakangi oleh banyaknya produk di reksadana yang kinerjanya relatif lebih lemah dibandingkan pasar. Sehingga diciptakan produk reksa dana yang dikelola secara pasif  yang mana bobot saham yang dibeli disamakan dengan bobot indeks yang menjadi acuannya, tetapi kinerjanya sama dengan pasar. Sedangkan ETF baru ada di Indonesia sejak 18 Desember 2007. Produk perdananya yaitu Premier ETF LQ45 yang diluncurkan oleh Indopremier Asset Management. Produk ETF LQ45 memiliki underlying atau aset dasar berupa Indeks LQ45 ( 45 saham yang bluechip dan likuid).

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami