BEGINI CARA ANDA MEMULAI BISNIS DI SAHAM

Written by Hanna Dalimunthe, April 30, 2021

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

Jika anda memiliki saham, maka anda bisa juga disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikan anda. Wujud saham adalah selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan sesuai dengan porsi berapa persen atau berapa banyak penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut. 

COBA MULAI BUKA REKENING SAHAM

Belajar saham itu seperti belajar berenang. Hanya belajar teori, tanpa nyemplung ke air, Anda tidak akan pernah menjadi perenang tangguh. Anda harus membuka rekening saham di salah satu sekuritas sebelum bisa jual beli saham. Anda bisa membuka rekening saham di sini

PELAJARI ILMUNYA SEBELUM AKUNMU JADI 


Sembari menunggu akun saham jadi selama kurang lebih 14 hari kerja, maka pas untuk anda melakukan kegiatan learning by doing. Bila Anda ingin menjadi investor saham disarankan belajar Analisis Fundamental.
Di sini Anda akan belajar cara menganalisis kondisi ekonomi dan kesehatan keuangan perusahaan. Sedangkan bila Anda ingin menjadi trader saham disarankan belajar Analisis Teknikal. Di sini Anda perlu belajar cara menganalisis grafik harga saham untuk menentukan kapan masuk dan keluar pasar. Di sinilah daya tarik investasi dalam bentuk saham, baik dalam porsi kepemilikan kecil atau anda memang pendiri sekaligus pemegang saham tertinggi dalam perusahaan tersebut. 

LAKUKAN TRANSAKSI SAHAM


Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, di awal April 2020, rata-rata nilai transaksi harian saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang 2020 hanya sebesar Rp 6,96 triliun. Nilainya terkoreksi sampai 28% jika melihat kondisi setahun sebelumnya.

Setelah rekening saham jadi, setor dana sesuai ketentuan sekuritas. Coba membeli saham, cukup sedikit saja, misalnya 1 lot (100 lembar). Setelah itu boleh simpan atau coba jual saham tersebut. Di sini Anda melatih menggunakan software dan membiasakan diri dengan berbagai aturan transaksi saham. Batasi diri untuk tidak transaksi terlalu besar dahulu sampai familiar dengan transaksi saham.

TENTUKAN PILIHAN MENJADI INVESTOR ATAU TRADER 


Investor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Sedangkan Trader adalah individu yang terlibat dalam transaksi jual beli aset keuangan di pasar keuangan apa pun, baik untuk dirinya sendiri atau atas nama orang atau lembaga lain. Perbedaan utama antara trader dan investor ada pada durasi ketika orang tersebut memegang aset.

Ada dua pilihan jika Anda ingin terjun di dunia saham, yaitu menjadi investor atau trader. Keduanya berbeda. Masing-masing punya karakteristik masing-masing, dan beda ilmu yang harus dikuasai. Investor membeli dan menyimpan saham dalam jangka waktu lama. Trader membeli dan menjual saham dalam waktu singkat memanfaatkan fluktuasi harga saham. Untuk pemula, dan mereka yang sibuk disarankan menjadi investor saham. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami