BELAJAR ANALISA FUNDAMENTAL UNTUK PEMULA

Written by Dewi Tiodor, January 04, 2022

Analisis fundamental saham adalah satu satu cara analisis saham dengan melihat kinerja perusahaan secara keseluruhan untuk menentukan prospek kenaikan harga saham jangka panjang.

Dalam berinvestasi saham sendiri, agar terhindar dari risiko stres, maka kita harus mengetahui kondisi perusahaan yang sahamnya akan kita beli.

Analisis fundamental saham dilakukan dengan melakukan analisa laporan keuangan, kondisi ekonomi makro dan mikro, termasuk kondisi industri sejenis. Pada umumnya pengguna Analisis Fundamental adalah investor, terutama investor saham jangka panjang.

Salah satu pendekatan Analisis Fundamental yang sering digunakan ialah Top Down Approach, yaitu analisis yang dimulai dari kondisi ekonomi makro, industri perusahaan, baru kemudian menganalisis kondisi perusahaannya. Berikut adalah ketiga tahap Top Down Approach tersebut:

1. Kondisi Makro Usaha

Faktor ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi pemerintah, contohnya seperti kebijakan suku bunga. Contohnya : Jika terjadi suku bunganya tinggi, maka para investor akan menaruh uangnya di bank. Sehingga, hal tersebut menghambat laju pertumbuhan bisnis perusahaannya.

Kita juga harus tahu bahwa Pertumbuhan ekonomi juga menentukan harga saham, jika ekonomi lesu, maka kinerja perusahaan ikut memburuk dan membuat harga saham turun.

2. Sektor dan Industri

Kondisi industri di mana suatu perusahaan berada juga mempengaruhi naik turunnya harga saham perusahaan tersebut.

3. Fundamental Perusahaan

Fundamental perusahaan tentunya sangat mempengaruhi pergerakan harga saham. Apabila suatu perusahaan memikiliki management yang baik, kondisi keuangan suatu perusahaan itu juga baik dan dipimpin  oleh pemimpin yang kompeten. Hal ini lah yang bisa menentukan baik atau tidaknya analisis fundamental dari perusahaan tersebut. Dan tentunya perusahan yang berfundamental baik pasti memiliki harga saham yang baik

Jadi memang analisis fundamental menggunakan pendapatan, pendapatan, pertumbuhan masa depan, laba atas ekuitas, margin keuntungan, dan data lainnya untuk menentukan nilai dasar perusahaan dan potensi pertumbuhan di masa depan. Semua data ini tersedia dalam laporan keuangan perusahaan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami