BELAJAR DARI KESALAHAN BANYAK TRADER DAN INVESTOR YUK

Written by Hanna Dalimunthe, October 03, 2021

Tak jarang saat melakukan trading saham kita membuat kesalahan, terutama sebagai pemula. Dalam trading saham, setiap kesalahan yang kita lakukan dapat berdampak pada kerugian. Pada dasarnya, kesalahan yang dilakukan oleh para trader itu wajar-wajar saja. Namun, jika kesalahan tersebut terjadi terus-menerus, maka itu dapat menyebabkan dana investasi kamu menyusut dan terbuang sia-sia. Lalu, kesalahan apa yang perlu kita hindari dalam sebagai seorang trader guna meminimalisir risiko yang akan terjadi?

Tidak Memiliki Trading Plan yang Baik

 

Sebagai seorang trader, kamu perlu untuk menyiapkan dan menyusun strategi sebelum memulai trading saham. Pasalnya, trading saham tidak semudah seperti yang dipikirkan banyak orang. Karena dalam menjalankan trading saham akan meliputi banyak faktor seperti langkah apa yang tepat untuk diambil ketika nilai saham turun, kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual saham, harus peka terhadap isu-isu yang sedang berkembang, dan masih banyak faktor lainnya.  Namun, hal ini akan menjadi mudah jika kamu memiliki persiapan dan rencana yang matang. Tak jarang, para trader pemula khususnya mengabaikan hal yang satu ini. Mereka cenderung hanya ikut-ikutan trend dan coba-coba dalam memulai trading saham. Dengan memiliki strategi yang baik, kamu akan bisa meminimalisir risiko kerugian yang akan terjadi.

Tidak Melakukan Analisa

 

Nah, hal yang satu ini juga sering kali dianggap remeh oleh para trader pemula. Karena ketika membeli saham, investor yang tidak berpengalaman biasanya cenderung “ikut-ikutan”, membeli saham karena spekulasi, dan membeli saham hanya karena “kelihatannya” bisa naik dalam waktu cepat. Pada dasarnya, terdapat dua jenis yang bisa kamu gunakan sebelum membeli saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis fundamental merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari tentang inti perusahaan. Maksudnya adalah kamu perlu memahami tentang proses bisnis dari perusahaan tersebut, SOP perusahaan, dan laporan keuangan dari perusahaan yang akan kamu beli sahamnya. Sedangkan, analisis teknikal ini mengacu pada pada pergerakan saham dalam rentang waktu tertentu, termasuk harga dan fluktuasi saham, serta informasi titik tertinggi dan terendah saham yang akan kamu beli. Penting bagimu untuk memahami tentang kedua analisis tersebut guna meminimalisir resiko kerugian yang akan terjadi. Trader yang tidak menganalisa chart dan pola grafik sebelum membeli saham, akan sangat rentan terjebak dalam pola permainan bandar.

Tidak Disiplin Dengan Cut-Loss dan Stop-Loss Untuk Membatasi Kerugian

 

Mungkin beberapa dari kamu ada yang masih awam dengan istilah stop-loss. Stop-loss ini merupakan sistem yang digunakan untuk membatasi kerugian pada saat menjual saham pada harga tertentu. Umumnya, stop-loss ditetapkan di awal transaksi untuk mengantisipasi jika harga saham bergerak turun dan bukan bergerak naik seperti yang diinginkan.

Namun, banyak trader yang mengabaikan atau belum mengetahui kegunaan dari perintah stop-loss ini. Jangan biarkan portfolio Anda yang sudah baik, menyusut nilainya karena harga saham yang terus melaju turun. Maka penting bagi kamu untuk memahami dan memiliki stop-loss level. Perlu diingat bahwasanya, stop-loss ini merupakan bagian dari trading plan sehingga harus dihitung dengan sistematis dan bukan berdasarkan intuisi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami