Belajar Pola Double Top dan Double Bottom yang Mudah Dipahami

Written by Hana Florencia, February 23, 2021

Bila anda sering mengamati pergerakan harga di market, pasti anda akan sering menemukan kedua pola ini. Kedua pola ini seringkali identik dengan bentuk M atau W.
Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda istilah dasar di dalam forex ini yaitu double top dan double bottom.



Double Top

Jika didefinisikan double top menunjukkan bahwa tren yang baik sedang melemah dan para pembeli mulai kehilangan minat untuk membeli. Pola umum yang bisa anda lihat dari double bottom adalah pola dengan bentuk M. Saat pola seperti ini terkonfirmasi, maka tren akan dianggap berbalik dan harga akan diperkirakan akan mengalami penurunan.

Tahap pertama dari double top adalah terjadinya harga tertinggi yang baru selama tren naik, setelah itu akan menghadapi resistance dan mulai adanya aksi jual ke level support. Pada tahap yang selanjutnya, harga akan bergerak kembali ke level resistance tertinggi yang sebelumnya dan aksi jual mendorong harga akan kembali ke level support. Pola seperti ini akan terkonfirmasi saat harga bisa melewati level support yang telah tercipta sebelumnya.

Double Bottom

Pola yang selanjutnya adalah double bottom yang memberikan indikasi adanya pembalikan arah dari yang sebelumnya menurun menjadi kenaikan harga. Pola umum yang biasanya Anda lihat dari double bottom adalah pola dengan bentuk W.

Pola di atas terbentu saat sebuah tren menurun mulai membentuk harga terendah yang baru di dalam pergerakannya. Saat terjadi pergerakan turun akan menemukan support yang akan mencegah harga untuk menurun lebih lanjut.

Setelah menemukan support, harga akan mulai bergerak naik dan menciptakan resistance. Pada tahap yang selanjutnya mulai terjadi aksi jual yang kemudian akan membuat harga akan kembali mencoba level support yang telah diciptakan sebeumnya. 2 percobaan support ini akan membentuk 2 bottom dan harga tidak berhasil melewati support sebelumnya dan akhirnya bergerak kembali naik.

Pola di atas akan terkonfirmasi saat harga telah berhasil melewati resistance yang sebelumnya diciptakan.

 

Secara sederhana pola double top dan bottom dikenal dengan pola pembalikan arah dan menjadi salah satu formasi pergerakan harga yang sering ditemukan para trader.


RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi wa.me/6281280076618

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami