BELAJAR TEKNIKAL MOVING AVERAGE

Written by Dewi Tiodor, March 31, 2021

Moving Average adalah indikator yang menghitung harga rata-rata suatu aset dalam periode waktu tertentu, kemudian menghubungkannya dalam bentuk garis. Nilai rata-rata bisa berasal dari harga pembukaan (open), penutupan (close), tertinggi (high), terendah (low), ataupun pertengahan (median). Moving Average hadir untuk membantu menganalisis pergerakan harga aset.

Sebagai indikator, Moving Average bersifat trend-following (mеngіkutі tren) dаn lagging (tertunda) Kаrеnа dіbuаt bеrdаѕаrkаn harga уаng tеlаh terjadi. Moving Average adalah bagian dari indikator lagging. Artinya, metode ini berlandaskan peristiwa sebelumnya dan menerangkan informasi mengenai data riwayat pasar. Kegunaannya bukan sebagai alat prediksi, melainkan memberi konfirmasi.

Selain itu, dengan melihat moving average, kita bisa melihat arah tren saham.

Secara umum, moving average dibagi ke dalam dua jenis, yaitu simple moving average (SMA) dan exponential moving average (EMA).

  1. Simple moving average

Simple moving average adalah bentuk paling sederhana dari moving average.

SMA dihitung dengan rumus Moving Average dаѕаr, уаіtu nіlаі rata-rata pergerakan hаrgа dаlаm periode tеrtеntu. Rumusnya:

  • SMA = јumlаh harga Selama satu реrіоdе / periode waktuUmpamanya, atau
  • SMA = (A1 + A2 + ……….An) / n

A adalah nilai rata-rata di n.

Sementara, n sendiri adalah jumlah periode waktu.

  1. Exponential moving average adalah indikator yang lebih responsif terhadap informasi atau perubahan baru. Indikator EMA merupakan turunan dari SMA dengan rumus yang lebih dipermulus lagi. 

            [Menutup harga-EMA (hari sebelumnya)] x pengganda + EMA (hari sebelumnya).

Perlu diketahui. Moving average dihitung berdasarkan data historis.Ini berarti, perhitungannya hanya menyimpulkan tren berdasarkan informasi harga di masa yang sudah lalu.Selain itu, kekurangan lainnya dari moving average adalah tidak dipertimbangkannya faktor lain yang bisa memengaruhi performa saham di waktu mendatang.

Meskipun secara umum moving average merupakan indikator yang baik untuk analisis teknikal, ada beberapa kekurangan yang perlu

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi di DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami