BELAJAR TENTANG PRINSIP MONEY MANAGEMENT UNTUK TRADER 

Written by Geraldo Kofit, September 15, 2020

Biasanya, ini adalah kesalahan fatal sebagian besar trader dewasa ini. Contohnya mereka rela menghabiskan uang dan tenaganya untuk menggunakan Expert Advisor. Dengan alasan, expert advisor lebih efisien dalam pengujian strategi selain itu promosi yang ditawarkan juga menarik dan menjanjikan keuntungan super besar jangka panjang. Mereka kadang lupa, bahwa satu hal yang sebenarnya paling sederhana namun sangat efisien tidak ditentukan dari sebagus apa strategi, sinyal, atau robot apa yang digunakan, tapi bagaimana trader menyusun dan menjalankan money management.

Meskipun hampir setiap trader menyadari bahwa salah satu faktor keberhasilan di trading sangat tergantung pada pengelolaan loss dan profit yang cermat, namun faktor money management justru lebih sering diabaikan. Dibanding pemilihan dan penggunaan indikator, statistik, analisis, dan strategi, banyak trader masih kurang menyadari pentingnya kinerja sebuah money management.

Masalah pertama yang biasanya akan dihadapi oleh seorang trader pemula adalah kerugian. Mereka kemudian akan beranggapan bahwa strategi atau analisis yang mereka gunakan nampaknya tidak banyak membantu. Padahal, penyebab kegagalan bisa saja berasal dari pengaturan money management yang kurang cermat. Oleh karena itu, studi dan praktik mengenai metode money management sangat dibutuhkan dan harus dijadikan syarat utama. Money management mengajarkan kita bagaimana mengelola kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Jika seorang trader mampu mengelola money management dengan baik, maka dia akan terbiasa bertanggung jawab dan disiplin dalam tradingnya.

Ada lusinan cara bagaimana kita mengelola kerugian, tetapi tidak ada cara untuk menghindarinya. Bahkan seorang trader sehandal Nial Fuller pun sebenarnya masih memiliki sejumlah masalah serius dalam tradingnya. Beliau juga terkadang tak sengaja melakukan kekeliruan, namun orang tetap mengakuinya bukan? Jadi, Anda tidak perlu khawatir merugi atau melakukan kesalahan. Hadapi semuanya dengan tenang.

Para trader sukses yang sudah banyak menghadapi kerugian, sanggup mempertahankan eksistensinya tidak lain karena adanya penggunaan money management. Bayangkan saja, jika seorang trader tidak memiliki pengaturan apa-apa maka dalam beberapa kesalahan mereka akan rugi besar dan tidak mampu bangkit dari kegagalan. Sementara itu, dengan menerapkan money management yang baik, trader akan mampu bertahan meski dalam perjalanannya sempat tersandung oleh kesalahan-kesalahan yang membuatnya loss. Namun karena jumlah kerugian dan potensi keuntungan sudah mereka atur sedemikian rupa dengan pelaksanaan money management yang ketat, maka akun trader akan tetap mampu bertahan menghadapi kegagalan yang memang sudah wajar menyertai perjalanannya.

Jadi, money management merupakan inti dari segala bisnis perdagangan, termasuk trading di futures ataupun stock market, money management bekerja sebagai pengaman terhadap kesalahan, dan perisai melawan ketakutan dan irasionalitas market. Trader boleh saja mengaplikasikan alat-alat analisis teknikal dan puluhan indikator, tapi keterampilan money management hanya dapat diperoleh dengan tekun dan terus berlatih, serta komitmen total untuk sukses dalam perdagangan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.\
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami