BELAJAR TIME FRAME DI PLATFORM MT4

Written by Geraldo Kofit, October 13, 2020

Taukah Anda? Trader di semua market akan menggunakan berbagai timeframes untuk menganalisa dan menggunakan analisanya dalam open posisi di market. Fakta menarik lainya, beberapa trader lebih suka trading menggunakan timeframes 30 menit sementara yang lain menggunakan timeframes yang lebih pendek dari 5 menit padahal platform MT4 telah menyediakan 9 timeframes yang berbeda. Yuk Kita bahas

Trader di semua market akan menggunakan berbagai timeframes untuk menganalisa dan menggunakan analisanya dalam open posisi di market. Fakta menarik lainya, beberapa trader lebih suka trading menggunakan timeframes 30 menit sementara yang lain menggunakan timeframes yang lebih pendek dari 5 menit padahal platform MT4 telah menyediakan 9 timeframes yang berbeda. Yuk Kita bahas

Terkait dengan pemilihan time frame dalam trading, pada saat analisa chart masing masing trader biasanya menggunakan time frame trading yang berbeda -beda. Ada yang memilih menggunakan lower time frame trading (yaitu pada hitungan 5 menit kelipatannya ataupun pada hitungan 4 jam kebawah) dan ada pula yang terbiasa menggunakan Higher time frame trading (yaitu pada hitungan 4jam keatas, harian hingga mingguan). Time Frame dari M1 sampai Montly merupakan perwakilan dari pergerakan harga atas jenis chart yang di gunakan. Yuk baca keterangan di bawah ini dengan penjelasan yang lebih detail:

Keterangan :

  • M1: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 1 Menit
  • M5: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 5 Menit
  • M15: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 15 Menit
  • M30: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 30 Menit
  • H1: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 1 Jam
  • H4: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 4 Jam
  • D1: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 1 Har
  • W1: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 1 Minggu
  • MN: Menampilkan pergerakan harga pasar yang terbentuk setiap 1 Bulan

Nah! apakah sudah lebih paham? Lanjut ya. Jika menggunakan M15, berarti pergerakan candle / chart selama 15 menit, dan setelah 15 menit akan terbentuk candle baru. Demikian juga M30 ( 30 menit), H1 ( 1 jam ) dan seterusnya. Contoh lainya, Jika  pergerakan 4 candle di M15 maka sama dengan pergerakan 1 candle di H1. Time Frame yang digunakan ini akan terkait dengan sistem trading yang digunakan. Jika seorang trader dengan system scalping maka dia akan menggunakan, M1- M15. Jika dia seorang daily maka dia akan menggunakan H1 –  h4. Jika dia seorang trader jangka panjang atau swinger maka dia akan menggunakan D1, Weekly – Montly.

Jadi, Memilih Time Frame pada Umumnya Dipilih Berdasarkan Sistem Trading yang Digunakan. Nah, Yuk Sekalian Kita bahas:

  • Trader Pengguna Sistem Scalping.Dengan sistem scalping, trader bisa membuka dan menutup transaksi dalam tempo cepat, atau bahkan hanya selang beberapa menit saja. Karenanya, trader seperti ini biasa menggunakan Time Frame M1, M5, atau maksimal M30.
  • Trader Pengguna Sistem Day Trading. Sesuai namanya, "Day Trading" berarti membuka dan menutup transaksi di market dalam hari yang sama. Untuk Day Trading, biasanya digunakan Time Frame M30 sampai dengan H1, ditambah H4 atau D1 sebagai Time Frame pembanding.
  • Trader Pengguna Sistem Swing.  Dengan sistem Swing, trader boleh jadi membuka dan menahan transaksi sampai dengan beberapa hari, minggu, bahkan bulan. Oleh sebab itu, Time Frame yang dipakai berkisar antara H4 hingga W1 dan MN.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami