BELAJAR TRADING MELALUI PRICE ACTION

Written by Ardian Noviarsi, October 23, 2021

Price action (pergerakan harga) berarti pergerakan harga suatu instrumen trading. Mempelajari pergerakan harga membantu trader memahami pasar dan membuat keputusan terkait instrumen tertentu. Trader perlu memperhatikan pergerakan harga terkini untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Mempelajari price action juga membantu dalam mengidentifikasi tren saat ini. Saat menganalisis pergerakan harga, seorang trader sebenarnya mempelajari apa yang dilakukan trader lain. Mengapa trader perlu mengetahui alur pemikiran pelaku pasar lainnya? Karena rasio penawaran-permintaan menentukan harga suatu instrumen. Dengan demikian, memahami pergerakan harga dapat meningkatkan strategi dari trader itu sendiri.

Apa itu Indikator Price Action (Pergerakan Harga)?

Trader harus merujuk ke price bar untuk menganalisis apa yang sedang terjadi di pasar. Price bar membantu trader untuk mengidentifikasi harga pembukaan dan penutupan pasar serta harga tertinggi dan terendahnya selama periode waktu tertentu. Candlestick adalah jenis price bar yang sangat populer. Candlestick sangat nyaman digunakan pada saat trader memeriksa harga pembukaan dan penutupan pasar, serta tingkat harga tinggi dan rendah untuk jangka waktu tertentu. Trader cenderung mengombinasi price bar dengan alat-alat teknikal lainnya, termasuk level support dan resistance.

Chart Patterns (pola grafik)

Ketika mengamati keseluruhan gambar dari pergerakan harga pada suatu chart (grafik), trader akan mudah melihat pola tertentu. Pola-pola ini sangat membantu dalam mengidentifikasi arah harga selanjutnya. Oleh karenanya, mengenali pola juga membantu para trader untuk mengambil keputusan dengan baik.

Definisi dari Price Action (Pergerakan Harga)

Pergerakan harga menunjukkan dengan jelas bahwa harga adalah raja. Dengan melihat chart harga, trader membuat asumsi tentang tren. Di sini, data objektif dilengkapi dengan interpretasi trader. Contohnya, trader mengamati pola yang konsisten pada chart dan menyimpulkan tren sedang naik (bullish). Kemudian trader berpikir tentang bagaimana menggunakan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan. Inilah yang disebut dengan mengidentifikasi peluang. Misalkan, trader menyimpulkan bahwa harga akan mencapai puncaknya dan akan berbalik. Dia memutuskan untuk mengambil posisi short. Jika prediksinya tepat maka akan mendatangkan keuntungan. Jika tidak, berarti rugi. Jadi, situasi apa pun pada chart sebenarnya akan selalu ambigu. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda mampu mengartikan chart dengan benar.

Apakah Trading dengan Price Action (Pergerakan Harga) Menguntungkan?

Trading berdasarkan pergerakan harga dapat menghasilkan keuntungan. Catatan sejarah atas pergerakan harga di masa lalu dapat memberi tahu banyak hal tentang perilaku suatu instrumen di masa depan. Dengan demikian, jika diinterpretasikan dengan benar, seorang trader dapat memanfaatkan data dari chart harga dan menghasilkan profit. Di sisi lain, kami juga percaya pada strategi trading yang holistik, yang melibatkan penggunaan beberapa indikator teknikal dan memperhatikan data fundamental. Sebagian orang mengatakan bahwa fundamental tidak penting, dengan memberi contoh peristiwa yang tidak memengaruhi pasar atau sebaliknya peristiwa yang memengaruhi pasar tetapi bertentangan dengan prediksi. Kami yakin ini adalah pengecualian yang membuktikan pernyataan di atas. Grafik mungkin benar, tetapi gejolak ekonomi bisa jadi menentukan hal yang sebaliknya dan secara ekstrem mengubah arah pergerakan suatu tren. Inilah mengapa kami menyarankan para trader untuk berlangganan buletin harian kami yang akan membantu Anda mengikuti peristiwa-peristiwa ekonomi penting yang dapat memengaruhi instrumen yang Anda trading-kan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami