Benarkah Kesuksesan Trading Dimulai Dengan Modal Besar?

Written by Indri Dwi Sapitri, November 26, 2020

Anda mau profit milyaran dari trading?

Tentu saja YA. Seperti halnya CAT Trader, Dyah Kusuma Wardhani yang berhasil meraih profit $1,000 dalam satu hari. Atau Aguslianto, CAT yang mampu meraih profit $100,000 dalam sebulan di usianya yang masih 20 tahun. Masih ingat Angga Nugraha yang mampu meraih profit 3 Milyar dalam kurun waktu kurang dari sebulan?

Anda pasti juga ingin mengukir kisah sukses seperti para trader-trader ini!

Mungkin Anda berpikir… Modal saya kan kecil, kapan bisa profit sebesar itu? Atau mungkin Anda punya modal, tapi Anda masih takut untuk masuk dengan lot besar. Hal inilah yang mungkin menyebabkan Anda masih ragu untuk bisa sukses dalam trading.

Namun, apa iya kunci sukses dari trader-trader ini adalah modal yang besar?

Mari simak elemen-elemen yang menjadi kunci kesuksesan dalam trading Anda.

1. Modal

Tidak dipungkiri bahwa trading memerlukan modal. Jika tidak ada modal, bagaimana kita bisa masuk posisi? Trading ibarat menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, maka Anda membutuhkan lokasi yang strategis, bahan-bahan makanan, pekerja, dll untuk menjalankan usaha Anda. Sama halnya dengan trading, Anda membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis trading Anda.

 

2. Money Management

Pernahkah Anda untung besar dan selang beberapa waktu, market kembali mengambil hasil keuntungan Anda. Syukur-syukur masih impas, terkadang banyak trader mengalami margin call yang menyebabkan semua keuntungan dan modalnya habis.
Statistic juga menunjukkan 90% orang yang masuk ke dunia trading memutuskan untuk meninggalkan bisnis ini setelah dua tahun.


Mengapa?


Karena mereka tidak tau pentingnya mengelola modal mereka. Ingat, semua trader yang tidak mau belajar cara mengelola modalnya lewat money management yang tepat akan habis "dimakan" market.

Inilah mengapa di CAT Program, Anda akan belajar lebih dalam mengenai filosofi trading dan money management secara menyeluruh. Di akhir program, Anda akan mampu mengetahui berapa yang harus Anda withdraw dan berapa yang harus Anda kelolakan kembali dalam trading.


Jadi selain modal, cara kita mengelola modal tidak kalah penting. Kembali lagi kepada contoh usaha restoran Anda tadi. Jika Anda tidak mampu mengalokasikan dana yang tepat kepada setiap elemen yang Anda butuhkan, bisa-bisa usaha Anda bangkrut. Begitu juga halnya dengan bisnis trading.

 

3.  Psikologi Trading

Tidak dipungkiri bahwa psikologi trading memainkan peran yang besar dalam menentukan kesuksesan trading Anda. Masing-masing trader memiliki kapasitas mentoleransi resiko yang berbeda. Oleh karena itu, psikologi trading menciptakan gaya trading yang berbeda antara satu trader dengan trader yang lain.


Ada beberapa trader yang mampu mentoleransi risk to reward 1:1. Namun, ada juga yang hanya akan masuk posisi jika risk to reward nya 1:3. Oleh karena itu, trader yang sukses akan mengatur cara mengelola modalnya sesuai dengan kemampuannya menghadapi resiko.

 

4.  Ilmu

Warren Buffet merupakan salah satu investor sukses yang mampu menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 2008 versi majalah Forbes. Buffet mengatakan bahwa 'risk come from not knowing what you're doing'. Buffet menekankan pentingnya melengkapi diri dengan ilmu sebelum Anda terjun ke dalam pasar finansial.

Buffet sendiri memulai debutnya dalam pasar finansial di usia 11 tahun dimana ia membeli saham pertamanya. Buffet juga menemukan mentornya, Benjamin Graham di Columbia University. Dalam dokumetarinya 'Becoming Warren Buffet', beliau mengaku bahwa ia menempatkan lima sampai enam jam sehari untuk membaca buku dan setiap harinya ia membaca setidaknya enam koran seperti The Financial Times, The Wall Street Journal dan The New York Times.

Bagaimana dengan Astronacci trader yang mampu meraih kesuksesan hingga milyaran rupiah?

 

Dyah Kusuma Wardhani dan Aguslianto merupakan murid CAT Program yang secara intensive dibimbing untuk belajar memprediksi pergerakan harga lewat bauran price action dan ilmu astrologi.

Angga Nugraha mengaku menonton berulang-ulang DVD Ultimate sehingga mengerti betul konsep ilmu analisa teknikal dasar yang membantunya meraih profit milyaran rupiah. Menurut Angga rahasianya bisa mantap masuk dengan lot besar adalah keyakinannya akan analisa yang sudah ia lakukan.

Syamsir Yusuf, A-Club Gold Member, di usia yang sudah tidak muda lagi mampu menjadi mentor bagi rekan-rekannya di A-Club setelah disiplin mengikuti edukasi di MRG Trading School dan A-Club.

 

Begitu juga dengan President & Founder Astronacci, Gema Goeyardi MM, CAT, CFTe, MFTA, CWM, CSA, CTA, CFI, CFII, IGI, yang berhasil merubah modal $2,000 menjadi $4 juta dollar dalam 5 tahun. Berkat ketekunannya mempelajari financial market, beliau saat ini sudah dianugerahkan gelar Master of Technical Analyst (MFTA) oleh lembaga International Federation of Technical Analysts (IFTA).

Jadi, kunci utama kesuksesan Anda dalam trading terletak pada ilmu.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Elemen kunci kesuksesan dalam trading adalah modal, money management, psikologi trading dan ilmu.

Kunci kesuksesan trader-trader yang sukses adalah kemampuan menganalisa pergerakan harga.

Mulai pembelajaran Anda trading dengan aman dan nyaman di MRG Premiere. Lewat MRG Trading School, Anda bisa menikmati edukasi baik  webinar maupun live class.

Buka akun Anda di MRG Premiere mulai dari $10 saja di MRG Premiere atau hubungi trading advisor kami di nomor 08777.30936.999

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami