BIAR TIDAK GAGAL PAHAM! INI DIA PENGERTIAN CRYPTOCURRENCY & BLOCKCHAIN

Written by Danuh Nuraga, June 20, 2022

Saat ini masih banyak yang belum memahami apa itu Cryptocurrency & Blockchain dan bagai mana cara menganalisanya untuk memaksimalkan margin. secara umum Cryptocurrency bermuara pada aset crypto dalam bentuk aset digital.

Kata crypto sendiri berasal dari kata kriptografi yang merupakan teknologi untuk menyembunyikan informasi tertentu dengan algoritma matematika. Dengan kriptografi, kamu dapat mengamankan aset yang kamu miliki.

Aset crypto bisa kamu gunakan untuk banyak hal, mulai dari membeli kopi, tiket pesawat, mobil, atau bahkan sekedar mengirimkannya ke teman dan keluarga di luar negeri.

Kamu mungkin bertanya-tanya, lalu apa bedanya aset crypto dengan uang elektronik yang ada pada berbagai aplikasi keuangan yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi? Nah, sebetulnya ada lebih banyak kegunaan dari aset crypto.

 

Kenapa Aset Crypto Penting?

Bentuk uang terus berkembang dari masa ke masa: dari kerang laut hingga manik-manik, dari emas hingga uang kertas. Kita sekarang sudah memasuki era digital dan saatnya kita menggunakan uang digital yang lebih maju lagi. Berikut adalah beberapa alasan kenapa aset crypto penting:

Tanpa Perantara
Kamu dapat bertransaksi aset crypto secara langsung dari pengirim ke penerima, tanpa memerlukan adanya perantara yang mengatur transaksi anda. Setiap transaksi hanya dilakukan oleh pengirim ke penerima saja.

Metode Pembayaran Murah dan Cepat
Saat kamu mengirim uang ke orang lain di belahan mana pun di dunia menggunakan aset crypto, uang itu akan tiba dalam beberapa detik dan diselesaikan saat itu juga.

Tahan sensor
Tidak ada yang dapat mematikan aset crypto karena perangkat lunaknya gratis dan siapapun di dunia dapat berpartisipasi untuk membuat jaringan aset crypto tersebut agar lebih aman.

Aman
Hampir mustahil untuk meretas dan memecahkan aset crypto karena teknologinya dan bagaimana aset crypto tersebut dirancang.

Sejak kemunculan bitcoin, ada jenis aset crypto lain yang memiliki tujuan berbeda dan memberikan solusi berbeda. Beberapa aset crypto lebih privat daripada yang lain, lebih cepat dari yang lain, lebih dapat diprogram daripada yang lain dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, ada lebih dari 500+ aset crypto di luar sana.

 

Definisi blockchain

BIAR TIDAK GAGAL PAHAM! INI DIA PENGERTIAN CRYPTOCURRENCY & BLOCKCHAIN

Ada dua komponen yang menyusun blockchain, yakni blok/kelompok (block) dan rantai (chain). Segala informasi yang terdapat dalam komputer dibagi menjadi beberapa blok dan saling terhubung oleh ‘rantai’. Jadi, apa itu blockchain?

Secara teknis, blockchain adalah serangkaian blok berisikan informasi digital. Setiap blok ini memiliki komponen yang disebut hash. Hash adalah suatu set karakter yang menyusun berbagai informasi pada blok.

 

Pemanfaatan blockchain dalam bitcoin
Blockchain pada dasarnya merupakan database dengan sistem desentralisasi. Pada sektor keuangan, sistem ini seperti buku kas digital yang dapat diakses dengan mudah tanpa memerlukan persetujuan pihak ketiga (biasanya berupa bank). Alih-alih menggunakan pihak ketiga sebagai pusat, blockchain digerakkan oleh berbagai pihak yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Transaksi bitcoin dicatat dalam ‘buku kas’ berupa sistem blockchain, tapi ada banyak pihak yang dapat mengelolanya. Teknologi ini membuat seluruh transaksi menjadi transparan dan aman dari korupsi. Selain itu, transaksi dengan blockchain juga lebih aman karena kemungkinan gangguan sangat kecil dan sistem ini tidak mudah dibobol.

 

Cara kerja blockchain dan transaksi bitcoin

BIAR TIDAK GAGAL PAHAM! INI DIA PENGERTIAN CRYPTOCURRENCY & BLOCKCHAIN1

Secara sederhana, cara kerja blockchain adalah dimulai dari ketika sebuah blok menyimpan data baru. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, blockchain terdiri dari rangkaian beberapa blok. Agar blok tersebut ditambahkan ke blockchain, ada empat hal yang harus ada. Pertama, harus adanya transaksi yang terjadi.

Transaksi ini kemudian harus diverifikasi dan disimpan ke dalam blok. Baru kemudian blok tersebut diberi hash dan akhirnya dapat ditambahkan ke blockchain.

 

Keunggulan blockchain

Secara umum, blockchain memiliki keunggulan dalam hal keamanan, kecepatan, dan efisiensi. Penjelasan selengkapnya mengenai keunggulan blockchain adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan efisiensi dan kecepatan

Keunggulan pertama blockchain adalah meningkatkan efisiensi dan kecepatan. Proses tradisional seringkali memakan waktu, rentan terhadap kesalahan manusia, dan sering membutuhkan mediasi pihak ketiga.

Dengan merampingkan proses ini menggunakan blockchain, transaksi dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih efisien. Dokumentasi dapat disimpan di blockchain bersama dengan detail transaksi, menghilangkan kebutuhan untuk bertukar kertas. Tidak perlu merekonsiliasi banyak buku besar, jadi kliring dan penyelesaian bisa lebih cepat.

2. Meningkatkan keamanan dan privasi

Keunggulan kedua dari blockchain adalah meningkatkan keamanan dan privasi. Peningkatan keamanan yang ditawarkan oleh blockchain adalah berasal dari cara kerja teknologi blockchain. Blockchain menciptakan catatan transaksi yang tidak dapat diubah dengan enkripsi ujung ke ujung, sehingga memperkecil terjadinya penipuan dan aktivitas yang tidak sah.

Selain itu, data di blockchain disimpan di seluruh jaringan komputer, sehingga hampir tidak mungkin untuk diretas (tidak seperti sistem komputer konvensional yang menyimpan data bersama di server).

Selain itu, keunggulan lain dari blockchain adalah dapat mengatasi masalah privasi secara lebih baik daripada sistem komputer tradisional dengan menganonimkan data dan memerlukan izin untuk membatasi akses.

3. Mengurangi biaya

Keunggulan selanjutnya dari blockchain adalah mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh organisasi karena memangkas keberadaan middleman. Hal ini menciptakan efisiensi dalam memproses transaksi dan juga mengurangi tugas manual seperti menggabungkan dan mengubah data, serta memudahkan proses pelaporan dan audit.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami