BLUE CHIP SAHAM PILIHAN ANDA? COBA KETAHUI LEBIH LANJUT BERIKUT INI

Written by Hanna Dalimunthe, June 12, 2023

Penggunaan istilah blue chips sendiri berasal dari salah satu permainan di dunia judi, yakni poker. Dalam permainan ini, taruhan yang digunakan menggunakan tiga keping koin dengan warna merah, putih, dan biru. Warna biru umumnya memiliki nilai yang paling besar.


Banyak dari investor pemula atau calon investor yang belum tahu tentang saham blue chip ini. Saham blue chip atau big cap bisa diartikan sebagai saham papan atas atau saham unggula Artinya, saham yang masuk dalam kategori ini adalah saham dengan angka kapitalisasi pasar yang besar yakni di atas Rp 40 triliun. Tentu, dengan nilai pasar saham sebesar itu, bukanlah perusahaan main-main atau abal-abal yang tergolong memiliki saham blue chip.

Berikut Contoh Blue Chip di Bursa Efek Indonesia (BEI):


1    ASII    Astra International Tbk.
2    PGAS    Perusahaan Gas Negara Tbk.
3    JSMR    Jasa Marga (Persero) Tbk.
4    WSKT    Waskita Karya (Persero) Tbk.
5    UNTR    United Tractors Tbk.
6    PTBA    Bukit Asam Tbk.
7    TLKM    Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
8    ADRO    Adaro Energy Tbk.
9    CPIN    Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
10   UNVR    Unilever Indonesia Tbk.

Yuk Tengok Kriteria Yang Harus Dipenuhi Oleh Saham Blue Chip

  • Stabilitas Keungan 
    Di dalam perekonomian nasional, stabilitas sistem keuangan memiliki peran yang teramat penting. Ini karena dalam sebuah mata rantai perekonomian, sistem keuangan bertugas untuk menyalurkan dana dari pihak berlebih atau surplus kepada pihak yang kekurangan atau mengalami defisit. Misalnya saja sebuah bank, sebagai lembaga keuangan yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan dana dari mereka yang berlebih melalu produk keuangannya seperti tabungan maupun deposito, dan menyalurkannya kembali kepada pihak yang kekurangan modal melalui pinjaman atau kredit.
     
  • Membagi Dividen
    Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. So, jika perusahaan disiplin memperhatikan tentang dividen maka dipastikan perusahaan tersebut masuk dalam jajaran blue chip. 
     
  • Kapitalisasi Pasar
    Kapitalisasi pasar adalah ukuran dan nilai perusahaan. Perusahaan-perusahaan blue chip biasanya memiliki saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar. Karena itulah, saham perusahaan-perusahaan ini tidak mudah digoreng. Saham di perusahaan-perusahaan ini blue chip bersifat likuid. Bagaimana Anda mengetahui bahwa saham perusahaan likuid? Salah satu ciri perusahaan ini yang bisa dilihat adalah saham perusahaan masuk dalam daftar yang aktif di pasar modal. Ini karena saham blue chip ramai diperdagangkan di bursa efek.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami