CAPITAL GAIN ADALAH CUAN YANG WAJIB DIPAHAMI

Written by Holis Syaputra, September 05, 2020

Capital gain sangat tidak asing di telinga trader saham ataupun investor. Mengapa? karena jika seorang telah mulai mempelajari atau bergabung di dunia financial market khususnya saham, maka setiap hari orang tersebut akan menyebutkan capital gain atau membacanya di semua informasi yang mereka akses.

Tetapi di sisi lain banyak informasi yang kurang merincikanya hingga detail. Nah, hal ini menarik apabila kita jadikan pembahasan.  Yuk kita kupas tentang capital gain secara tuntas, agar semua orang yang bergabung di dunia saham Indonesia ikut merasakan akses informasi yang jelas tentang ini.

Capital Gain Adalah Cuan! 

Secara mudah didefinisikan, Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari penjualan modal dalam bentuk apapun, dimana harga jual melebihi harga pembelian yang telah dilakukan di awal. Jadi intinya, selisih keuntungan yang telah berkembang. Wow Cuan! Kalau kita mau menghubungkan ini dengan kehidupan sehari-hari kita sebenarnya mudah saja, karena apa pun bentuknya kalau bisa menghasilkan keuntungan setelah dibeli beberapa waktu sebelumnya maka itu juga termasuk dalam pengertian di atas. Contohnya, beli tanah kemudian harganya naik setelah beberapa tahun, maka selisihnya itu juga dinamakan capital gain.Wow Cuan!

Sebagai perumpamaan, jika saya membeli kucing yang sedang bayi dengan harga sebesar Rp.100.000, kemudian saya sangat rawat kucing itu hingga besar dan dengan bulu yang sangat indah, maka kucing tersebut akan menjadi kucing dengan harga yang sangat berbeda dari saya beli di awal. Pilihan ada di saya, saya bisa menjual kucing tersebut karena banyak yang menawarnya untuk membeli misal sebesar Rp.200.000 yang mana 2 kali lipatnya namun anda harus siap kehilangan kucing yg anda sangat sayangi atau anda tetap memeliharanya. Nah, inilah yang saya maksud capital gain, ketika barang, benta, investasi atau bentuk lainya sudah menjadi lebih baik dan anda menjualnya pasti hal ini akan memunculkan penawaran yang tinggi dari pasar, namun anda kehilangan aset anda tersebut jika menjualnya.

Capital Gain di Saham

Nah, ketika anda sudah mendapatkan informasi tentang capital gain dalam artian mudah, mari kita masuk dalam dunia yang sebenarnya di dalam capital gain di saham. Capital gain di saham adalah selisih positif antara harga jual saham dengan harga beli saham dan kondisi ini sangat menguntungkan bagi trader atau investor di saham.

Nah, saya juga akan berikan ilustrasi cara memperoleh capital gain di saham. Misal seorang bernama A membeli saham BRI dengan kode BBRI dengan harga perlembar Rp.4.000 sebanyak 5 lot. Kemudian A menjual saham BBRI sebanyak 5 lot dengan harga Rp.4.500. Maka dari itu A sudah mendapatkan profit dalam hal ini adalah capital gain sebesar Rp. 250.000

Saham A di awal= Rp.4000/lembar x 500 lembar (1 lot=100 lembar) jumlahnya sebesar Rp.2.000.000
Saham A berkembang= Rp.4.500/lembar x 500 lembar (1 lot=100 lembar) jumlahnya sebesar Rp. 2.250.000
Capital Gain= Harga akhir jual - harga aawal beli
Rp.2.250.000 - Rp. 2.000.000 = Rp. 250.0000
Jadi Capital Gainya adalah Rp.250.000 (belum nett)

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami