CAPITAL GAIN ITU APA YA?

Written by Ardian Noviarsi, November 29, 2020

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh oleh investor dari selisih biaya pembelian awal dan penjualan aset setelah beberapa waktu. Sederhananya, segala sesuatu yang harga jualnya melebihi harga pembelian dapat dikatakan sebagai capital gain.

Nah, simulasi secara sederhana sederhana saat kamu membeli rumah seharga Rp300 juta pada tahun 2018 dan berhasilnya menjualnya di tahun 2019 seharga Rp400 juta. Nah, keuntungan sebesar Rp100 juta yang kamu dapatkan dari penjualan aset properti itulah yang dinamakan capital gain.

Apa saja hal-hal yang penting dipahami terkait capital gain?

  • Sifat Capital Gain

Ketika kita membahas capital gain, terdapat dua sifat yang menyertainya, yaitu keuntungan modal jangka pendek dan keuntungan modal jangka panjang. Keduanya berpotensi dikenakan pajak atas keuntungan yang akan didapatkan. Di mana, capital gain jangka pendek terjadi untuk instrumen investasi dengan jangka waktu kurang dari satu tahun dengan pengenaan pajak yang akan disesuaikan dengan besaran pajak penghasilan biasa yang kamu miliki. Sedangkan, capital gain jangka panjang berlaku untuk investasi lebih dari setahun dengan pengenaan pajak lebih rendah daripada pajak pendapatan biasa Anda, yaitu mulai dari 15% hingga 20%.

  • Waktu Sangat Berharga

Waktu adalah salah satu aspek yang sangat penting, karena semakin lama kamu memiliki asetmu, harganya bisa menjadi semakin tinggi. Namun, dalam hal ini kamu perlu juga memperhatikan biaya administrasi yang berpotensi mengurangi nilai capital gain dari aset kamu.

Perbedaan Capital Gain dengan Pendapatan Investasi

Capital gain berbeda dengan imbal hasil atau pendapatan investasi. Untuk meraih capital gain, maka kamu harus kehilangan aset tersebut. Ketika menjual rumah, kamu akan mendapatkan untuk Rp50 juta namun akan kehilangan rumah tersebut. Hal ini berbeda apabila kamu mengontrakkan rumah tersebut senilai Rp15 juta per tahun, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari aset yang masih kamu miliki disebut sebagai pendapatan atau revenue. Selain itu, karena terkait dengan modal maka pada umumnya capital gain berlaku bagi investasi jangka panjang atau untuk aset bertenor diatas 1 tahun. Namun, ada juga capital gain jangka pendek untuk investasi di bawah 1 tahun.

Capital Gain vs Capital Loss

Untung dan rugi merupakan dua hal yang wajar terjadi dalam kegiatan bisnis dan investasi. Jika Anda andal dalam menjalankan bisnis dan investasi, peluang untuk mencapai capital gain akan semakin terbuka lebar. Namun, jika nasib kurang baik sedang menyertai Anda, akan sangat mungkin Anda mengalami apa yang disebut capital loss. Istilah capital loss merujuk pada keadaan di mana Anda kehilangan sejumlah uang dalam aktivitas investasi.

Kondisi capital loss akan membuat besaran pajak yang Anda tanggung menjadi berkurang. Dan, apabila angka capital loss Anda lebih tinggi daripada capital gain, Anda dapat mengurangi kerugian tersebut dari penghasilan yang Anda miliki.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami