CARA MEMULAI INVESTASI SAHAM 

Written by Hanna Dalimunthe, December 05, 2021

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka semakin banyak hal yang berubah, termasuk kegiatan manusia, mulai dari pekerjaan hingga hiburan dan kebutuhan sehari-hari. Terutama setelah adanya jaringan internet, setiap orang yang ada di dunia bisa melakukan komunikasi dan mendapatkan akses untuk saling berhubungan dengan mudah dan cepat. Namun, yang perlu dicermati bahwa penggunaan internet juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda sepatutnya menggunakan internet dengan bijak. Kegunaan internet pun semakin beragam, mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya digunakan untuk investasi saham online.

Bagi investor pemula yang penasaran ataupun ingin tahu tentang bagaimana investasi saham online, yang dapat digunakan meraup cuan, maka dapat mengikuti ulasan berikut ini. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam investasi saham online?

  • Buku Rekening Efek Khusus Saham

    Setelah mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas, hal pertama yang wajib Anda ketahui yaitu saham online tetap membutuhkan buku rekening. Tidak hanya tabungan di bank saja saja, namun saham juga memerlukan buku rekening yang dapat digunakan untuk mengecek saham Anda di perusahaan sekuritas. Anda tidak perlu repot-repot datang ke perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek saham. Ada banyak cara yang ditawarkan oleh sekuritas. Selain membuka rekening melalui telepon, Anda juga bisa membuka rekening efek secara online, seperti melalui situs resmi perusahaan sekuritas maupun aplikasi di smartphone.
     
  • Top Up Rekening Efek

    Jika sudah memiliki buku rekening efek, langkah selanjutnya adalah melakukan top up dana. Setiap sekuritas memiliki peraturan masing-masing terkait jumlah deposit awal yang harus disetor oleh investor. Anda dapat menyesuaikannya dengan sekuritas yang sudah Anda pilih. Tidak perlu mengeluarkan uang tunai, Anda dapat menyetor deposit dengan cara transfer melalui ATM maupun mobile banking. Segalanya menjadi mudah, karena Anda dapat melakukannya di manapun dan kapanpun (sesuai dengan jadwal bursa saham). Kalau top up dikatakan berhasil, Anda akan menerima notifikasi melalui SMS atau email, tergantung dengan fasilitas yang diberikan oleh sekuritas Anda. Nah, selanjutnya, Anda dapat mulai melakukan transaksi saham di pasar modal. Satu hal lagi yang perlu diingat, Anda harus memikirkan secara matang terkait jumlah deposit yang disetorkan. Sebaiknya, Anda menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda saat ini dan jangan terlalu gegabah, karena untung ruginya nanti bakal Anda tanggung sendiri.
     
  • Menyiapkan Dana Khusus Investasi

    Selanjutnya yang paling penting dalam saham online menguntungkan, yaitu menyiapkan dana yang sesuai dengan kebutuhan. Masih banyak orang yang menganggap bahwa berinvestasi itu hanya diperuntukkan untuk mereka yang memiliki uang saja. Padahal pemikiran tersebut sangat salah!. Karena pada dasarnya, semua orang dapat melakukan investasi. Bagi Anda yang memiliki gaji UMR ataupun gaji pas-pasan, dan ingin menabung atau menyisihkan dana bisa saja terjun ke dunia investasi saham online.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami