CARA MENGELOLA KEUANGAN DI PASAR MODAL

Written by Hanna Dalimunthe, February 26, 2023

Penting bagi para investor ketika sudah terjun dalam berinvestasi untuk mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan di pasar modal? Sebelum memulai investasi bagi para pemula penting untuk mengetahui cara mengelola keuangan, bukan hanya harus memiliki modal, tapi juga harus bisa mengelola bagaimana tujuan dari investasi ini adalah mendapatkan keuntungan, kemudian keuntungan ini harus dijaga agar bisa mendapatkan profit yang optimal. Terkadang kita tidak tahu bagaimana cara mengelola agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal dan stabil, yuk kita simak artikel berikut ini.
Investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan, menurut ojk.go.id. Pengelolaan investasi adalah proses yang membantu perumusan kebijakan dan tujuan, sekaligus pengawasan dalam penanaman modal untuk memperoleh keuntungan. Pengelolaan investasi ini melibatkan sejumlah pihak yang masing-masing mempunyai fungsi dan tanggung jawab sesuai spesialisasinya. 

MENGELOLA KEUANGAN DI PASAR MODAL


Nah, ini dia yang perlu diketahui bagi para pemilik saham atau investor. Menrut beberapa pakar, ada dibagi dan di rangkum untuk bisa 

  1. Selalu menyiapkan anggaran, salah satu cara yang bisa dibilang cukup ampuh untuk mulai mengelola keuangan adalah dengan menyiapkan anggaran sebagai sebuah acuan untuk segala perhitungan finansial. Anggaran ini bisa menjadi gambaran mana saja yang menjadi kebutuhan maupun keinginan semata. Anggaran ini juga dapat digunakan untuk mengatur biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Juga dapat memfilter prioritas seperti apa yang seharusnya didahulukan.
  2. Menghindari utang, bisa dibilang, utang adalah sebuah kendala besar dalam pengelolaan keuangan yang baik. Pasalnya, harus menyisihkan penghasilan untuk membayar tagihan dalam periode waktu tertentu. Jika sudah terlanjur, ada baiknya diselesaikan terlebih dahulu sehingga dapat menjadi langkah awal dalam mengelola keuangan yang kuat di masa mendatang. Dengan demikian, dapat mengalokasikan dana tagihan ke dalam hal-hal lain yang bermanfaat, seperti menjalankan cara membeli saham, menabung, hingga menyimpannya untuk berbagai kebutuhan yang mendesak. Secara tidak langsung, pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai akan terpenuhi secara optimal.
  3. Membuat catatan keuangan selain anggaran, catatan keuangan juga sangat penting sebagai pengelolaan keuangan yang baik. Dengan adanya catatan ini, mengetahui secara rinci pengeluaran apa yang sudah dilakukan sehingga kedepannya dapat memfilter pengeluaran apa saja yang tidak diperlukan.
  4. Mulai menabung dan berinvestasi, menabung memang menjadi salah satu cara pengelolaan uang yang efektif untuk persiapan di masa yang akan datang. Begitu pula dengan investasi yang sebaiknya Smart People mulai sejak saat ini juga untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil bahkan bertambah kuat seiring waktu. Berinvestasi dapat dilakukan pada asset apapun, mulai dari emas, property, hingga yang paling tren saat ini yakni investasi saham. Apapun instrumen investasi yang dijalankan, asal konsisten dapat mendapatkan hasil yang memuaskan. 
  5. Membeli Saham Berdasarkan Kondisi Pasar, investasi memang menjadi hal yang saat ini sedang banyak digaungkan, misalnya dengan berinvestasi saham di berbagai emiten. Ada banyak orang yang kemudian belajar saham sembari mencari berbagai pengetahuan seputar itu. Adapun salah satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah pembelian saham berdasarkan kondisi market (pasar).

Memperhatikan kondisi pasar ketika akan membeli saham merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat membuat para pelaku investasi akan menjadi lebih nyaman. Melalui A-CLUB Academy Anda bisa langsung mendapatkan arahan langsung sampai strategy untuk memutuskan atau memilih jenis saham apa yang wajib Anda miliki bahkan yang Anda lepas. Kemudian, Anda juga bisa langsung mendapatkan fasilitas Zero to Hero untuk mengetahui dan mendapatkan bocoran langsung dari Master Gema money management, dari modal hingga berapa ideal trading atau investasi dan cara memilih jenis saham. Tertarik kan? langsung aja aktifkan membership A-CLUB Academy bersama hanna langsung. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami