CARA MENGENALI PUMP AND DUMP DI MARKET

Written by Hanna Dalimunthe, September 10, 2022

Mengenal lebih lanjut arti dari pump and dump itu sebenarnya, harga sebuah komoditas di dalam pasar investasi jenis apapun akan selalu dipengaruhi oleh dua hal utama yakni penawaran dan permintaan. Dimana permintaan yang tinggi akan mengarahkan pada harga yang tinggi pula. Namun, apa jadinya bila permintaan tersebut merupakan hasil dari skema manipulatif? Seperti halnya yang dimaksudkan dalam istilah apa itu pump and dump. (accurate.id/ekonomi-keuangan). 

Nah, sempat ramai di perbincangkan karena maraknya harga suatu dimarket menjadi tidak wajar, namun perlu diketahui bagi para traders sesungguhnya seperti apa sih pump and dump ini?
Pump and dump merupakan istilah yang mengacu pada skema buatan individu atau sekelompok orang berkepentingan untuk menggelembungkan harga aset yang dimilikinya, sebelum nantinya harga aset tersebut mengalami penurunan nilai secara drastis. Pump and dump juga tergolong sebagai praktek ilegal. Berdasarkan undang-undang sekuritas, para pelaku praktek ini akan dikenai denda dengan nominal besar.

CIRI MENGENALI PUMP DAN DUMP ITU SENDIRI?

PUMP AND DUMP adalah skema manipulasi pasar yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Pump/Pumping terlihat melakukan BELI Aset besar-besaran. Permintaan akan aset tersebut NAIK Harga NAIK. Sedangkan pada Dump melakukan JUAL asset secara besar-besaran, Harga TERJUN terjadi sangat CEPAT.  Ketika permintaan dan harga meningkat, trader besar yang menimbun aset tersebut akan melakukan dumping atau melepaskan aset sehingga harganya turun drastis di pasaran. Seperti telah tersirat pada pengertian apa itu pump and dump, praktek ini adalah taktik para trader berminat besar untuk mendapatkan keuntungan cepat dari para trader kecil yang “panik”. Dimana peristiwa ini tidak terjadi secara otomatis sebagai efek akumulasi transaksi penawaran dan permintaan aset di pasar. Melainkan ada permainan rekayasa dari para trader besar untuk menciptakan suasana panik yang dimaksud. Nah bagi para investor perlu waspadai apabila terjadi "kejanggalan" di market jika suatu harga sudah berubah dengan tidak wajar, bisa jadi itu merupakan salah satu dari sifat ciri pump & dump. Oleh karena itu dari artikel ini bisa menjadi dasar pengetahuan dan informasi untuk menghindari dari tingkah pump and dump itu sendiri. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Jadi, melalui artikel ini sebagai seorang calon investor dapat menghindari dari tingkah pump and dump dimarket.
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Hanna untuk mengenal Investasi lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami