CARA TRADING SAHAM UNTUK PEMULA

Written by Ardian Noviarsi, March 16, 2022

Trading saham adalah transaksi jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseroan terbatas dalam jangka pendek. Umumnya, jangka pendek yang dimaksud dapat dilihat dari harga pasar setiap harinya.Selain itu, trading saham adalah kegiatan memperjualbelikan saham yang bergantung pada fluktuasi harga pasar. Jika Anda bersikap pasif saat berinvestasi saham, maka Anda harus lebih aktif dalam trading. Ada banyak sekali cara trading saham pemula yang sangat mudah untuk dicoba. Salah satunya, online trading melalui handphone pribadi. 

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat melakukan trading saham adalah menentukan kapan waktu dan harga terbaik dalam jual beli saham. Maka, seorang trader dianjurkan untuk selalu menganalisa pasar secara rutin agar memperoleh keuntungan maksimal saat menjualnya.Cara belajar main saham patut diketahui oleh pelaku trading pemula sebelum terjun ke dunia investasi saham. Pasalnya saham merupakan salah satu produk pasar modal yang memiliki risiko tinggi dan kamu bisa meminimalisir risiko supaya bisa mendapatkan banyak cuan. Walau istilahnya ‘bermain saham’, kamu harus tetap menjalaninya dengan serius karena saham merupakan produk investasi yang bisa menguntungkan, namun juga bisa merugikan. Bermain saham tanpa modal dan cara yang benar, hanya membuang waktu, uang, tenaga, dan pikiran.

Saham memang menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menggiurkan bagi pemula. Pasalnya, saham merupakan produk investasi yang menawarkan potensi keuntungan dengan persentase yang cukup tinggi. Dengan potensi keuntungan tersebut, tentu saja ada beberapa langkah yang perlu Anda pahami dalam memulai cara main saham pemula saat ini. Cara main saham pemula yang baik dan bijak merupakan elemen penting dalam menjalankan investasi secara teratur dan tertata demi menghadirkan peningkatan kondisi finansial Anda.

Dalam menentukan cara main saham pemula yang baik dan bijak, Anda perlu lebih dulu meyakinkan diri Anda, apakah saham merupakan instrumen investasi yang tepat untuk Anda lakukan saat ini. Pasalnya, cara main saham pemula juga membutuhkan komitmen yang kuat, karena saham biasanya dijadikan sebagai sarana investasi jangka panjang. Demi memberi gambaran yang jelas terkait cara main saham pemula yang baik dan bijak, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan saat memulai berinvestasi saham sebagai pemula,

1. Pahami ilmu dasar saham

2. Pahamianalisis saham

3. Lakukan transaksi berjangka

4. Hindari hutang

5. Beli saham saat nilai turun

Lantas, apa sajakah yang perlu Anda lakukan ketika dan sebelum memulainya? Simak informasi berikut ini agar tidak salah langkah ketika trading saham!

Tentukan Indeks Saham yang Tepat

  • Terdapat 22 jenis indeks saham yang tercatat Bursa Efek Indonesia (BEI). Kenali jenis-jenis yang umum digunakan pemain saham. Sebagai contoh, Anda dapat memilih LQ45 atau IDX30 yang mana keduanya memiliki likuiditas tinggi serta didukung oleh kualitas perusahaan yang terpercaya. LQ45 ini sendiri merupakan indeks pasar saham di bursa efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan. Sedangkan IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas paling tinggi.

Pilihlah Sekuritas yang Sesuai

  • Ketika membeli saham, Anda akan menggunakan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham yang mewajibkan biaya untuk setiap transaksi. Pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya lebih rendah, misalnya 0,20% dari jumlah pembelian saham. Ini agar keuntungan lebih optimal dan untuk memastikan cara trading saham Anda lebih sempurna.

Rencanakan Periode Trading Saham

  • Terdapat dua cara trading saham berdasarkan periodenya, jangka panjang dan pendek. Pada jangka pendek, risiko kerugian memang lebih besar, namun ada peluang profit bisa didapatkan lebih cepat. Sebaliknya, ada peluang profit yang lebih besar bisa dapatkan bila trading saham dalam jangka panjang. Apabila saham tersebut memiliki reputasi dan fundamental serta kinerja yang baik 

Lakukan dengan Kesabaran

  • Segala cara trading saham tidak akan efektif apabila tidak disertai kesabaran. Sebagai pemula, Anda disarankan menggunakan modal yang kecil dan meningkatkan jumlahnya seiring bertambahnya pemahaman Anda. Begitu juga ketika menghadapi kerugian, hadapilah dengan pikiran jernih dan lakukan average down dengan membeli saham yang nilainya sedang turun. Bisa jadi Anda malah mengalami keuntungan ketika kondisi pasar telah stabil kembali.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami