DAPATKAN SAHAM PILIHAN TERBAIK ANDA SEKARANG

Written by Karlina, June 26, 2020

Saham merupakan instrumen investasi yang cukup populer hingga saat ini, saham sejatinya merupakan instrumen investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Dalam 5 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah bertumbuh hingga 64,5%.

Wow, ini terdengar sangat menarik yaa! 

Nah, jika anda sekarang memulai trading atau investasi saham ada kalanya anda juga harus memperhatikan cara tepat memilih saham apa yang cocok untuk di jadikan instrumen investasi dan trading anda. Jika masih belum menemukan jawabanya, sebaiknya coba pelajari hal-hal yang harus anda pelajari dalam memilih saham yang nantinya akan dijadikan alat investasi dan trading anda

Mengerti Tentang Kapitalisasi Market Saham


Kapitalisasi pasar, sering kali disingkat kap pasar, adalah sebuah istilah bisnis yang menunjuk ke harga keseluruhan dari sebuah saham perusahaan yaitu sebuah harga yang harus dibayar seseorang untuk membeli seluruh perusahaan.

Langkah pertama memilih saham yang baik adalah memerhatikan kapitalisasi pasar. Sebagai informasi, kapitalisasi pasar merupakan harga saham dikalikan dengan total jumlah saham yang diterbitkan emiten dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Memilih Saham Berdasarkan Valuasi : PBV dan PER 

  • PBV (Price To Book Value). Nilai Buku atau Book Value memberikan perkiraan nilai suatu perusahaan apabila diharuskan untuk dilikuidasi. Nilai Buku ini adalah nilai aset perusahaan yang tercantum dalam laporan keuangan atau Balance Sheet dan dihitung dengan cara mengurangkan kewajiban perusahaan dari asetnya (Nilai Buku = Aktiva – Kewajiban). Dengan kata lain, Rasio Price to Book Value ini dapat menunjukan apa yang  akan didapatkan oleh pemegang saham setelah perusahaan membayar semua hutangnya. 
     
  • PER (Price To Earning Ratio). PE ratio adalah suatu rasio dalam analisis fundamental yang menggambarkan seberapa besar investor menilai/menghargai suatu saham dilihat dari segi laba bersih per sahamnya (EPS). Untuk mengukur apakah suatu saham murah atau mahal maka perlu membandingkannya dengan perusahaan yang berada pada industri yang sama. PE suatu saham yang kecil dibanding industrinya menandakan bahwa saham tersebut masih diperdagangkan pada harga yang murah (Undervalue).

Update Informasi Tentang Laporan Keuangan Perusahaan 


Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari KARLINA silahkan hubungi di SINI

 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami