DATA US SEBAGAI PENGGERAK MARKET FUTURES 

Written by Hadi Jumaidi, August 20, 2020

Berita adalah data sumber paling dasar dari analisis pasar. Lihat saja ketika ada rilis sebuah berita, maka harga akan fluktuatif. Respon dari perubahan ekonomi fundamental sangat berperan penting dalam mengenali gejala market serta menentukan arah geraknya. Nah, untuk itu Anda perlu mencermati berita makroekonomi dan data fundamental seperti suku bunga bank sentral. Umumnya, berita ekonomi secara khusus membahas indikator ekonomi yang berbentuk data, kondisi industri atau perusahaan besar, serta pernyataan-pernyataan dari para pakar dan pengambil kebijakan di bidang ekonomi. Nah, kali ini saya khususnya akan membahas data-data yang menggerakan market futures khususnya yang langsung memberi dampak pada market USD sebagai penggerak atau pengerek pasar.

Berikut Beberapa Berita yang Berpengaruh Besar pada Pergerakan USD:

Non Farm Payrolls (NFP)

Rilisnya laporan NFP menjadi salah satu agenda terpenting yang ditunggu pada trader. NFP merupakan indikator perekonomian di AS sekaligus menjadi faktor terkuat dalam memengaruhi penentuan tingkat suku bunga. Laporan NFP berupa data gaji, jumlah jam kerja, dan berapa jumlah orang yang mencari pekerjaan dan sedang dalam pekerjaan.

Analisa: Jika jumlah pekerja di AS meningkat, maka pasangan EURUSD, GBPUSD, AUDUSD melemah sedangkan USDJPY menguat. Data ini dilaporan akan dirilis hari Jumat setiap awal bulan

Rapat Federal Open Market Committee (FOMC)

Rapat FOMC adalah rapat kebijakan moneter yang digelar oleh The Fed (Federal Reserve). The Fed adalah lembaga yang berperan sebagai Bank Sentral AS yang berwenang mengubah suku bunga dan berhak mengubah kebijakan moneter AS.

Analisa: Jika hasil rapat FOMC menyebutkan tidak ada kenaikan suku bunga dan tidak ada petunjuk kenaikan suku bunga, maka volatilitas pasar meningkat. Nilai mata uang USD langsung melemah, diiringi penguatan pasangan mata uangnya. Rapat dilakukan delapan kali dalam setahun

Gross Domestic Product (GDP)

Laporan GDP akan menunjukan kekuatan ekonomi AS beserta pertumbuhannya dari total pendapatan AS. Anda akan mengetahui nilai total produksi AS yang dihasilkan perorangan dan perusahaan baik lokal maupun asing.

Analisa: Jika hasil rilis GDP baik, maka akan muncul ekspektasi peningkatan investasi dan outlook positif pada perekonomian AS sehingga berefek pada penguatan USD. Itu berarti pair EURUSD, GBPUSD, AUDUSD melemah sedangkan USDJPY menguat. Berita GDP akan rilis di setiap bulan. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami