FAKTA UNIK TENTANG MATA UANG EURO 

Written by Geraldo Kofit, July 13, 2021

Euro adalah mata uang yang digunakan oleh negara-negara di benua Eropa. Walaupun dikatakan baru di panggung dunia, Euro nyatanya sudah mengikat para hati investor. Mata uang Euro paling banyak diperdagangkan di level dunia. Selain itu, Euro juga dikatakan sebagai mata uang cadangan dunia terbesar kedua setelah dolar.

Banyak juga negara-negara Eropa serta Afrika yang mematok mata uang lokal mereka dengan Euro. Disisi lain, negara-negara Eropa terbilang kumpulan negara maju dimana hal ini membuat Euro menjadi alat transaksi kedua setelah dolar AS. Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri sesuai identitas masing-masing negara anggota UE yang berada di Zona Euro (Eurozone).

Nih, Fakta-Fakta Menarik Tentang Salah Satu Mata Uang Yang Anda Tradingkan

Pembahasan Tentang Euro Sudah Dimulai Sejak Tahun 1960

Pada Desember 1969 di Den Haag, Belanda, para pemimpin negara-negara Eropa mengambil lompatan besar dalam sejarah: mengusulkan mata uang tunggal. Pertimbangannya, pemberlakuan mata uang tunggal akan membuat para pebisnis dan pelancong tak perlu melakukan pertukaran mata uang antar-negara Eropa, sehingga mereka bakal lebih sering melakukan transaksi dan jalan-jalan di kawasan Eropa.

Euro mungkin baru diluncurkan menjelang akhir tahun 1990-an, akan tetapi pembahasan dan rencana untuk menggunakan mata uang tunggal sudah dibicarakan sejak 1960-an ketika Anggota Masyarakat Ekonomi Eropa (EEC) bertemu untuk membahas tentang menyatukan moneter ekonomi dalam 1 kebijakan tunggal. Baru pada akhir tahun 1992 negara-negara anggota mulai membuat struktur dan aturan yang mengatur sistem mata uang utama di bawah 1 kebijakan tunggal.

Hanya 12 Negara Anggota yang Menggunakan Euro


Berbagai transaksi dengan mata uang Euro pun langsung dimulai. Baik warga setempat maupun wisatawan mulai menggunakan Euro untuk membeli keperluan sehari-hari. Mata uang baru ini dapat dipergunakan di negara mana pun di 12 kawasan Eropa. Kedua belas negara itu adalah Belgia, Jerman, Yunani, Finlandia, Portugal, Irlandia, Spanyol, Prancis, Luxemburg, Belanda, Austria, dan Italia. Tiga anggota Uni Eropa lainnya yang tak bergabung adalah Inggris, Denmark, dan Swedia.

Saat ini, kedua belas negara Eurozone masih dalam masa peralihan, sebelum Euro menjadi mata uang tunggal satu-satunya yang sah. Mereka memiliki waktu hingga 1 Maret 2002 untuk menukar mata uang masing-masing menjadi Euro. Hingga hari kedua Januari 2002, sejumlah pertokoan sudah menetapkan untuk memberikan uang kembalian tunai hanya dalam mata uang Euro.

9 Negara Anggota Tidak Menggunakan Euro

Dari sekian banyak negara anggota yang menggunakan euro, ada 9 negara yang masih menggunakan mata uang mereka sendiri. 9 negara itu diantaranya Polandia, Rumania, Swedia, Denmark, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Hongaria, dan Inggris. Mengingat Inggris sudah keluar dari UE dengan cara referendum Brexit, maka saat ini ada 8 negara anggota yang tidak menggunakan euro.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami